Apa kamu merasa gagal?

Kenapa lo merasa gagal.
Banyak sekali yang merasa bahwa dirinya sudah gagal. Ini sangat aneh, apa itu gagal?
1.      Gagal itu bukan berarti lo gak sukses. Gagal dan sukses tidak bisa diadu, jadi ketika lo merasa gagal bukan berarti tidak sukses. Apa sih pengertian gagal kalau boleh tanya? Kalau menurut gue gagal itu ketika berbuat sesuatu tapi tidak sesuai harapan, contoh: lo kuliah tapi tidak lulus, lo buka toko tapi tidak laku atau lo bekerja selama 5 tahun tapi pekerjaan lo gini-gini aja, Padahal harapan lo pengen jadi manager itulah yang disebut gagal.
Ketika kita gagal tiba-tiba kita diem, sudah tidak ada harapan, merasa bodoh dan menjustis bahwa kita tidak sukses. Menurut gue gagal itu bagian dari sukses. Mungkin dari kita berfikir bahwa sukses itu sekali jadi atau one shoot. Untuk menuju sukses lo harus mengalami kegagalan.
Jadi ketika lo gagal jangan menganggab bahwa diri lo tidak sukses itu tidak ada hubunganya. Kalau gagal ya coba lagi sampai sukses.
2.      Sukses itu adalah sebuah perjalanan.
Sukses itu bukan ketika langsung menuju kesana atau satu shot, sukses itu step. Sukses itu ada jalanya. Missal ketika lo udah punya mobil 100 berarti lo sukses? Itu tidak. Sukses itu adalah sebuah proses. Ilustrasinya gini kita punya tujuan ke Bali nah sedangkan kita orang semarang. Kita punya opsi untuk kesana dengan pesawat, atau mobil lewat jalan tol, nyebrang dari jawa ke Bali pakai kapal Ferri sampai deh di Bali atau cara ketiga dengan jalan kaki.
Saat lo udah mulai start ke Bali pakai pesawat ternyata lo gak punya uang buat modal kesana, ketika lo milih pakai mobil lo juga gak punya mobil lo Cuma punya motor yaudah lo start aja pakai motor sampai gak? Coba direnungkan. Atau lo motor aja gak punya coba lo tetep jalan kaki terus apakah lo nyampai ke bali? Jawabanya adalah lo nyampai ketika lo terus melangkah, step by step lo akan nyampai di Bali nah itu lah pengertian sukses.
Nah mungkin ketika lo dalam perjalan ke Bali banyak sekali hambatan-hambatan, mungkin ada copet, ada begal dan hambatanya itu sangat banyak. Dan banyak dari kita yang malah lebih focus pada hambatan dan ketika dia melihat hambatan itu maka itulah yang disebut gagal itu yang gue katakana tidak sukses. Lo melangkah aja maka ketika melangkah lo sudah sampai di titik-titik sebelum kesana. Lo terus melangkah pelan-pelan tanpa mikir hambatan dan kadang mungkin ketika lo melangkah sudah jauh seperti ada sebuah keberuntungan yang menyembabkan langkahmu menuju kesana menjadi mudah. Itu kapan terjadi? Terjadi ketika kamu terus melangkah dan kamu akan menemukanya dalam perjalanan.
Jika lo terus melangkah dengan yakin suatu saat lo akan sampai kesana. Ingat sukses itu perjalanan jadi ciptakan target pendek-pendek lo dan rayakan. Jangan langsung di Bali lo baru merayakanya tapi sukses itu pertumbuhan  dari hari ke hari, pertumbuhan dari sepanjang perjalan lo. Contoh yes gue udah nyampai Cirebon yess.  Jadi sukses itu ketika ada pertumbuhan dalam diri lo. Jangan ketika mimpi lo di puncak baru merasa sukses tapi ketika lo tumbuh step by step itu baru sukses. Create pertumbuhan lo, kalau mau sampai Bali kan harus tetap lewat semarang kan?.
3.      Tidak ada kata terlambat.
Mc D memulai di usianya diumur 54 tahun, JK Rowling memulai menulis buku ketika umur 42 tahun bahkan yang lebih gila KOlonel sanders di usianya 60 tahunan. Jadi jika sekarang lo di usia 25 tahun lo udah merasa gagal, maka lo lebay. Mungkin saat ini lo menganggab bahwa diri lo masih begini-begini aja, menikah belum ada yang mau, nganggur terus atau gak lulus ketika kuliah. Ingat ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa rata-rata orang-orang itu sukses ketika disuianya 42 tahun. Terus lo mau bandingin dengan Mark Zukerberg? Dari pada lo bandingin terus ama dia lebih baik mulai saat ini kamu focus untuk bertumbuh.
4.      Mulai dari sekarang dan maju terus.
Ingat semakin sering lo menunda semakin hancur lah lo kalau lo sering menunda. Ketika lo start dan asyik kesana maka udah tidak ada waktu lagi bagi lo main, gak ada waktu buat gak ngapa”in. maka mulai sekarang start Now. Contoh jadi apa pengacara, butuh belajar tentang hukum, butuh belajar tentang bicara maka mulai lah sekarang dan tutup semua hal-hal yang tidak penting. Lo di tengah jalan dan yakin lo punya potensi dan kekuatan. Gue yakin lo pasti punya potensi yang hebat.

Comments

Popular Posts