Motivasi sukses (ala BOB Sadino)

Motivasi usaha (Bob Sadino)
Indonesia pernah memiliki seseorang pengusaha yang nyentrik. Meski kini telah tiada tapi tetap akan memberikan motivasi kepada kita semua. Meski dari keluarga berada tapi beliau tidak mengahbiskan harta orang tuanya untuk hura-hura. Justru beliau menghabiskan separuh hartanya untuk berkeliling dunia, menjajal berbagai usaha dan mau melakukan apapun untuk kesuksesanya. Meski kita tahu bahwa beliau juga sering jatuh berkali-kali sebelum sukses seperti yang kita ketahui saat ini.
Apa saja kiat-kiat sukses ala BOB Sadino:
1.      Jangan kebanyakan mikir
Kata bob Sadino “orang yang pintar itu kebanyakan mikir, pikiranya banyak, bercabang dan melebar. Untuk sukses kita perlu focus, focus itu jadi orang bodoh. Artinya ketika susah gak usah mikir macam-macam, cukup pikir satu solusi untuk menyelesaikan masalah yang ada didepan kita. Sisanya, ya difikir nanti aja sambal jalan.
2.       Bebaskan diri dari 3 belenggu (Ketakutan, harapan dan cara berfikir)
Pertama jadilah orang yang berani, jangan jadi pengecut. Kalau ada peluang ambil saja jangan takut dengan risiko.
Kedua jangan berharap terlalu banyak. Namanya juga usaha pasti ada saat dimana kamu mengalami kegagalan nggak bisa langsung berhasil. Wajarlah sukses itu langkahnya panjang
Ketiga, berpikir itu harus tapi gak njlimet juga. Semakin sederhana cara berfikmu, semakin mudah kamu menemukan solusi atas masalah yang ada.
3.      Belajar apa saja yang ada disekelilingmu. Belajar itu nggak harus dari sekolah dan universitas dan sekolah justru universitas terbaik kita adalah di Masyarakat tempat kita bergaul. Karena disitulah kita dihadapkan pada kejadian yang tak terkira dan dituntut untuk menyelesaikan masalah sendiri.
4.      Jadilah gelas kosong
setiap bertemu dengan orang baru, merasa dirimu pintar dan lebih dari segalanya dibandingkan dengan orang lain maka sukses akan semakin menjauh darimu. Ingat setiap orang yang kita temui pasti tahu sesuatu yang kita gak tahu sebelumnya. Jadi bukalah pikiranmu untuk mengetahui hal-hal baru dengan orang baru.
5.      Jangan takut dan malu gagal kalau gagal jangan bersembunyi.
Menghadapi kegagalan dengan hati lapang dan pikiran terbuka lalu segera interospeksi diri. Apa yang salah, apa yang kurang, perbaiki! Kalau sekali kamu gagal berhenti, maka ya sudahlah maka kamu akan gagal selamanya. Ingat untuk suskses butuh ribuan trial dan error.
6.      Rencana adalah bencana
Boleh kok berencana, tapi harus di ekseskusi juga, Nanti sambal jalan pasti akan ada banyak peruabahan. Jadi bikin rencana yang simple saja, eksekusi menentukan 90% kesuksesanmu lho.
7.      Sukses sendiri tidak mungkin.
Untuk sukses kita butuh orang lain juga, jangan egois, kata bob Sadino: “orang goblok butuh orang lain untuk mengejar kesuksesan. Yaitu mereka dengan gelar sarjana” Pedas memang tapi benar haha.

Comments

Popular Posts