Bisnis yang sukses hanyalah masalah sikap



Bisnis yang sukses hanyalah masalah sikap
Ada baiknya anda tahu dulu apa itu sikap. Sikap dalam Bahasa inggris berarti attitude. Nah jika kita membahas masalah bisnis kita bisa melihat orang – orang yang sukses biasanya mereka akan menekankan masalah sikap. Banyak orang yang berkata kenapa sikap itu adalah masalah penting dan sikap itu segala – galanya.
Nah sahabat enterpreuner anda harus bisa menggaris bawahi tentang tiga sikap. Apa saja ? yaitu:
1.      Sikap mental
Jadi ketika kita ingin jadi pengusaha maka kita harus mempunyai mental yang berbeda dari orang rata – rata. Contohnya seperti karyawan yang hanya mengandalkan gaji. Mental seorang enterpreuner sangat berbeda karena apa?
a.       Karena mereka mau mengambil resiko
b.      Karena mereka mau mengambil tanggung jawab.
c.       Mereka berani dan siap apabila tidak dibayar.
Nah hal ini adalah sikap yang butuh keberanian lebih. Jika anda selama ini tidak mempunyai tiga sikap ini lupakan saja angan – angan anda untuk menjadi enterpreuner! Karena anda akan menjadi tersiksa dan menderita jika anda menjadi enterpreuner. Karena banyak sekali para pemula usaha kembali lagi jadi karyawan. Gara – gara tiga hal ini.
2.      Sika panda terhadap menthor anda
Jika anda mempunyai seorang menthor yang membimbing anda mennuju jalan kesuksesan maka jalan yang anda perlu lewati adalah menjadi seorang yang Teachebel  (mudah diarahkan dan di didik) jadi anda menerima setiap masukan, dan anda berlapang hati ketika anda di bombing oleh menthor anda. Jadi ketika anda tidak bisa bersikap seperti ini maka anda akan sulit diarahkan menjadi orang yang sukses. Mungkin anda berontak karena ide anda tidak diterima, mungkin anda merasa kecewa dengan menthor anda. Perlu anda ingat adalah menthor anda tentunya jauh lebih berpengalaman dari pada anda sebab apa mereka memulai terlebih dahulu dan telah sejak lam merasakan bagaimana sedih dan pahitnya berusaha. Jadi jika anda mau mengikuti saran menthor maka mereka akan siap membimbing anda.
3.      Sika panda terhadap diri anda sendiri
Jadi dalam menyikapai diri anda, anda harus memberikan apresiasi terhadap diri anda sendiri contohnya adalah: yes aku telah mencapai target. Reward lah terhadap diri anda sendiri akan tetapi jangan sampai berlebihan. Maka akibatnya adalah anda akan lalai dan terlena. Jadi jika anda mencapai target dapat 10 juta perbulan kemudian anda ingin menonton bioskop selama sehari full itu boleh  saja.
            Tapi bukan hanya reward tapi juga punishment atau hukuman. Seperti jika anda tidak bisa mencapai 10 juta perbulan maka anda tidak akan makan enak selama seminggu. Contohnya seperti itu. Nah dua hal itu self reward and punishment terhdap diri sendiri itu sangat penting untuk mencapai sebuah kesuksesan. Sebenarnya banyak sekali karena anda adalah seorang pemula saya yakin anda cukup benahi 3 ini saja maka anda akan mencapai sebuah kesuksesan. Salam hebat luar biasa pada anda.

Comments

Popular Posts