PROPOSAL KKN MANDIRI MAHASISWA UIN WALISONGO PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI EKONOMI KREATIF


PROPOSAL KKN MANDIRI
MAHASISWA UIN WALISONGO
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI EKONOMI KREATIF BERBASIS POTENSI LOKAL
DI KELURAHAN DIWAK KECAMATAN BERGAS,
KOTA SEMARANG
Description: C:\Users\ade sucipto\Downloads\download (3).jpg
 










Oleh :


Dadang Supriatna     1401026038
Endang Vanny S.     1401046012
Wiwit Minatul H.     1401046007
 Dede Sofiyah            1401046013
 Ahmad Sirojuddin    1401046021
 Nandani R.               1401026035
 Khamidah Eko P.     1401016034
 Wildan Widy W.      1401036026

Diyah Nur Inayah               1402036044
Mohammad Rezy Tri A.      1402036043
Miftakur Rohman               1402036055
Ismungi                             1401036060
Noval Hakim A.                 1402016100
Idham Kholid                     1402016105
            Aisah Helen T.                   1403026080



LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M)
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
TAHUN 2017

KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulilah penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan proposal Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Mandiri ini.
KKN selain sebagai kewajiban yang harus diikuti dan dilaksanakan oleh Mahasiswa UIN Walisongo sebelum menyelesaikan studinya juga bertujuan sebagai suatu pembelajaran dan pengabdian langsung di masyarakat. Mahasiswa dapat melihat fenomena yang ada di masyarakat. Dengan demikian Mahasiswa mampu menganalisa masalah atau potensi dan mengimplikasikan terhadap teori yang telah di pelajari dalam di dalam sistem perkuliahan. untuk Dari KKN ini sebagai upaya mahasiswa bagaimana memecahkan masalah yang ada di masyarakat guna mencapai kehidupan masyarakat yang sejahtera.
Diharapkan proposal ini dapat sebagai pijakan bagi Mahasiswa Peserta KKN Mandiri dan seluruh pihak yang berkepentingan dalam mensukseskan agenda KKN Mandiri untuk melaksanakan berbagai program. Dan semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan keberhasilan dalam KKN Mandiri yang akan dilaksanakan. Amin.



Semarang, 10 November 2017


Penyusun




A.   JUDUL
Judul KKN-MIT yang kami rumuskan adalah: “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif Berbasis Potensi Lokal

B.    LATAR BELAKANG KKN-MIT       
Mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat yang sedang menempuh studi di suatu Perguruan Tinggi. Suatu jenjang pendidikan formal terakhir sebelum terjun ke masyarakat setelah menyelesaikan studinya. Mahasiswa sering dikatakan sebagai agen perubahan (agent of change) karena diharapkan nantinya mampu berperan aktif dan kontributif dalam masyarakat untuk membawa suatu kemajan dan perkembangan. Maka, diperlukan adanya pelatihan pengabdian kepada masyarakat dalam jangka waktu tertentu. Pengabdian kepada masyarakat sendiri telah tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, setiap Perguruan Tinggi termasuk Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang memiliki komitmen untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu aplikasi pengabdian kepada masyarakat termanifestasikan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN).
  Selanjutnya, KKN didasarkan pada falsafah pendidikan yang didasarkan pada Undang-undang Dasar 1945 dan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan susana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian dirinya, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Selain itu, KKN merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi. Penetapan ini didasarkan pada amanat Presiden Republik Indonesia pada Februari 1972 yang menganjurkan dan mendorong setiap mahasiswa bekerja di desa dalam jangka waktu tertentu untuk tinggal dan membantu masyarakat pedesaan memecahkan masalah pembangunan sebagai bagian dari kurikulumnya. Sehingga, KKN diharapkan dapat menjadi motor penggerak bagi masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan lahiriyah dan bathiniyah.
Salah satu jenis program KKN yang ditawarkan oleh UIN Walisongo adalah KKN Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN-MIT). KKN-MIT merupakan KKN mandiri dimana program kegiatan, waktu, dan volum pelaksanaannya didasarkan pada proposal yang disusun oleh calon mahasiswa peserta KKN. Perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan dilakukan oleh mahasiswa peserta KKN dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan atas persetujuan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo. Dalam KKN-MIT, mahasiswa mengajukan perencanaan secara lengkap dengan membuat proposal kepada LP2M UIN Walisongo. Lokasi dipilih berdasarkan pada fenomena dan kebutuhan masyarakat mitra dampingan yang akan diberikan oleh mahasiswa. Oleh karena itu, KKN-MIT diharapkan mampu memberikan manfaat yang lebih bagi mahasiswa karena melibatkan kemandirian dari proses perencanaan, perlaksanaan, sampai pelaporan.
Selanjutnya, salah satu bagian dari masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian adalah pengembangan sumber daya masyarakat. Dalam peninjauan terhadap lokasi yang diinginkan menjadi tempat KKN-MIT harus memerhatikan beberapa kondisi masyarakat, diantaranya keagamaan, pendidikan, ekonomi/ kewirausahaan, lingkungan, dan kesehatan. Sehingga, dalam pemilihan dan pengajuan Desa/ kelurahan KKN-MIT perlu diperhatikan kondisi dan persoalan yang ada dalam masyarakat untuk merumuskan program kerja dan kegiatan.
Kelurahan Diwak merupakan salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Bergas. Sebagian besar wilayahnya adalah areal persawahan yang subur dan lingkungan alam yang asri.  Mayoritas mata pencaharian warga kelurahan Diwak adalah . Di Kelurahan Karangmalang terdapat contoh potensi pemberdayaan masyarakat yang sudah berjalan cukup baik, misalnya rumah pintar untuk siswa SD setiap Ahad pagi. Selain itu, ada pula rumah baca namun belum optimal dalam mendorong minat baca warga. Di Kelurahan Karangmalang belum terdapat Madrasah Diniyah. Yang ada adalah TPQ, namun, belum berjalan lancar, dan terkesan vakum. Sehingga, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu setelah sekolah untuk bermain. Adapun keadaan lingkungan di Kelurahan Karangmalang sudah cukup bersih. Namun, perangkat desa melalui Dewi Andarita, S.E selaku KASI Pemerintahan (saat ditemui di kantor kelurahan pada hari Senin, 07 November 2016) mengharapkan ada pelatihan dan pembinaan pemanfaatan limbah sampah baik itu plastik maupun botol menjadi suatu kerajinan yang bernilai guna. Kemudian, dalam hal kesehatan beliau juga mengharapkan untuk adanya penyuluhan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) baik melalui posyandu maupun sosialisasi secara langsung kepada warga.
Beranjak dari uraian kondisi dan permasalahan yang ada, Kelurahan Diwak dapat dikatakan sebagai salah satu lokasi yang cocok untuk pelaksanaan KKN-MIT yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo Semarang. Adapun rencana kegiatan KKN-MIT akan dilaksanakan melalui posdaya berbasis CHASIH (Character Building, Smart, Innovation, and Healthy). Posdaya berbasis CHASIH merupakan wadah penghubung untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dari lima bidang, yaitu pendidikan, keagamaan, ekonomi, lingkungan, dan kesehatan. Character Building adalah suatu langkah penanaman dan pengembangan karakter yang implementesinya bisa berupa sikap religius, kreatif, cinta tanah air, peduli lingkungan, memiliki jiwa entrepreneurship, dan bergaya hidup sehat. Smart adalah penerapan sifat untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa untuk lebih maju dan berprestasi. Innovation merupakan hal yang berkaitan dengan kecakapan dalam menemukan inovasi baru untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan, healthy adalah hal yang berkaitan dengan kebiasaan hidup sehat dalam masyarakat dan kebiasaan menjaga lingkungan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat.  
Dari berbagai uraian diatas, dengan semangat"اجعل نفسك خادما للمحتاج"  yang memiliki arti “Jadikanlah dirimu pelayan bagi orang yang membutuhkan”, judul KKN-MIT yang kami ambil adalah: “PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI POSDAYA BERBBASIS CHASIH (CHARACTER BUILDING, SMART, INNOVATION, AND HEALTHY)”.

C.    KONDISI OBJEK KKN MANDIRI
1.     Deskripsi Umum Kelurahan Diwak
a. Wilayah Administrasi Kelurahan Diwak
Kelurahan Diwak merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Bergas. Adapun batas wilayahnya:
Sebelah Utara                        : Kelurahan Ngempon
Sebelah Timur           : Kelurahan Derekan
Sebelah Selatan         : Kelurahan Jatijajar
Sebelah Barat                         : Kelurahan Bergas kidul
Luas wilayah Kelurahan Karangmalang adalah 65.0000 Ha. Yang terdiri dari luas tanah sawah di Kelurahan Diwak seluas 24.5000 Ha, luas tanah kering 33.0000 Ha dan luas tanah fasilitas umum 8.0000 Ha.
Potensi Sumber Daya Manusia
Jumlah penduduk Kelurahan Diwak adalah 1.129 orang yang tersebar dalam 356 KK. Dengan perincian laki-laki 568 orang dan perempuan 561 orang. Adapun kepadatan penduduk per KM sebesar 1.723.
1)     Komposisi penduduk berdasarkan jenis mata pencaharian
Komposisi penduduk Kelurahan Diwak berdasarkan jenis mata pencaharian sebagaimana disebutkan dalam tabel.1 berikut:
Jenis Mata Pencaharian
Jumlah
Pegawai Negeri Sipil
7
Orang
Belum Bekerja
298
Orang
Wiraswasta
72
Orang
Perangkat Desa
6
Orang
Satpam/Security
6
Orang
Pedagang barang kelontong
10
Orang
Tukang Jahit
2
Orang
Tukang Kayu
4
Orang
Tukang Batu
12
Orang
Petani
22
Orang
Buruh Harian Lepas
278
Orang
Pedagang Keliling
4
Orang
Karyawan Perusahaan Swasta
297
Orang
Ibu Rumah Tangga
33
Orang
Peternak
2
Orang

2)     Komposisi penduduk berdasarkan agama yang dianut
Komposisi penduduk Diwak berdasarkan agama yang dianut sebagaimana disebutkan dalam tabel.2 berikut:
Agama
Jumlah
Islam
1.137
Orang
Kristen
8
Orang
Khatolik
13
Orang
Tabel 2. Komposisi penduduk berdasarkan agama yang dianut

2.     Kondisi Kelurahan Diwak
a.    Kondisi ekonomi
Perekonomian di Kelurahan Diwak sebagian besar ditunjang oleh karyawan swasta dan buruh lepas, akan tetapi hasil bumi atau pertanian disana cukup baik, mengingat tanah di Kelurahan Diwak tergolong cukup subur dan pengairan disana juga cukup baik hasil pertaniannya adalah padi. Tidak dipungkiri pula di kelurahan Diwak juga terdapat potensi wisata yang menjadi pemasukan desa yaitu Danau (Wisata Air, Hutan Wisata, Situs Purbakala, dll). Meskipun begitu masyarakat masih menitikberatkan kehidupan mereka pada sektor buruh lepas dan bahkan banyak yang masih pengangguran. Belum adanya ekonomi kreatif yang rutin digerakkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakatnya. Sehingga, diperlukan adanya suatu terobosan dan pelatihan ekonomi kreatif sebagai nilai tambah bagi masyarakat.
b.    Kondisi keagamaan
Mayoritas penduduk Kelurahan Diwak beragama Islam, namun ada beberapa yang beberapa orang yang beragama Kristen. Di Kelurahan Diwak terdapat 2 buah masjid. Adapun kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan di Kelurahan Karangmalang adalah sebagai berikut:
1)    Tahlilan dan Yasinan
Setiap tingkat RT di Kelurahan Karangmalang selalu mengadakan tahlilan dan yasinan. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap ada perkumpulan lingkungan masyarakat sekitar. Kegiatan tahlilan dan yasinan tersebut juga dilakukan setiap ada masyarakat Kelurahan Karangmalang yang meninggal.
2)    Dzibaan
Kegiatan dzibaan dilakukan di masjid dan mushalla yang rata-rata diikuti oleh masyarakat setempat pada setiap Ahad malam Senin.Oleh karena itu, tradisi-tradisi keagamaan yang ada perlu dilestarikan dan dikuatkan, agar kondisi keagamaan masyarakat tidak tergerus oleh arus globalisasi.
Selain itu, karena tidak adanya Madrasah Diniyah (Madin). Dan yang ada adalah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) itupun status tempat kepemilikanya bisa disebut sewa, sehingga memungkinkan belum efektif. Akibatnya, anak usia sekolah lebih sering menghabiskan waktunya sepulang sekolah dengan bermain. Belajar al-Qur’an yang diselenggarakan sehabis shalat maghrib oleh para ustad/ustadzah pun masih tergolong sepi. Sehingga, diperlukan adanya ajakan dan motivasi yang kontinu untuk mengikuti kegiatan mengaji dan ilmu agama untuk para anak usia sekolah.
c.     Kondisi pendidikan  
Pendidikan yang merupakan salah satu penunjang kesejahteraan masyarakat, nyatannya belum dijadikan sebagai suatu hal yang dibutuhkan. Hal ini bisa dilihat dengan paradigma untuk bekerja agar mendapatkan penghasilan daripada belajar yang tidak tentu nanti hasilnya. Dikarenakan pendidikan masih dirasa mahal dan minimnya keinginan untuk melanjutkan pendidikan. Di Kelurahan Diwak hanya terdapat jenjang pendidikan yakni, SD saja. dengan rincian pendidik dan peserta didik pada tabel.3 berikut:
Lembaga Pendidikan
Jumlah
Pendidik
Peserta Didik
SD
1
9
106
Tabel 3. Lembaga pendidikan di Kelurahan Karangmalang
d.    Kondisi lingkungan dan sosial-kemasyarakatan
1)     Lingkungan
Kelurahan Diwak memiliki wilayah yang cukup luas dengan 65.0000 Ha. Dimana kondisi lingkungan belum cukup baik. Dikarenakan tidak tersedianya tempat sampah di beberapa rumah warga dan tidak adanya tempat pembuangan akhir hal ini menjadi kurang baiknya dari segi prasarana kebersihan di kelurahan Diwak ini. Sehingga, masyarakat sering membakar sampahnya yang berakibat pencemaran udara. Oleh karena itu, harapan dari para perangkat desa adalah adanya pelatihan dan pembinanaan daur ulang limbah sampah anorganik untuk menghasilkan suatu kerajinan yang memiliki nilai guna atau pun nilai jual.
2)     Sosial-kemasyarakatan
Kelurahan Diwak terdapat lembaga yang mengadakan kegiatan sosial-kemasyarakatan seperti Rukun Tetangga dan Karang Taruna. Kegiatan yang diadakan rukun tetangga seperti pengajian kematian dan gotong royong. Sedangkan, kegiatan yang diadakan oleh karang taruna adalah olahraga dan pengajian bersama.
e.    Kondisi kesehatan
Kesadaran akan kesehatan sangat penting bagi kelangsungan kehidupan masyarakat. Kesehatan perlu dimulai dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan belorahraga secara teratur. Kebanyakan warga Kelurahan Diwak sibuk bekerja sebagai petani, buruh atau karyawan. Akibatnya, melalaikan pentingnya berolahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Sehingga, masih diperlukan sosialisasi dan penyuluhan untuk mengingatkan pentingnya kesehatan melalui penanaman PHSB (Pola Hidup Sehat dan Bersih).

D.   PERUMUSAN MASALAH
1.    Bagaimana upaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui posdaya CHASIH (Character Building, Smart, Innovation, and Healthy) di Kelurahan Diwak?
2.    Bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui posdaya CHASIH (Character Building, Smart, Innovation, and Healthy) di Kelurahan Diwak?

E.    TUJUAN DAN SASARAN YANG HENDAK DICAPAI
Berdasarkan rumusan masalah yang telah disusun, tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:
1.     Meningkatkan kualitas pendidikan di Kelurahan Diwak.
2.     Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kelurahan Diwak yang mandiri dan memiliki inovasi dalam ekonomi, bersikap religius, mampu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta peduli terhadap lingkungan. 
Adapun sasaran KKN-MIT adalah seluruh warga masyarakat Kelurahan Diwak. 
F.    MANFAAT KKN MANDIRI
1.    Bagi Mahasiswa
a.   Mahasiswa memperoleh kemampuan dan pengalaman dalam menerapkan teori dan informasi ilmu pengetahuan pada masyarakat berdasarkan kebutuhan riil masyarakat sebagai mitra dampingan.
b.  Mahasiswa memperoleh kemampuan dan pengalaman dalam mengembangkan pemikiran dan wawasannya dalam memahami dan memecahkan masalah yang di hadapi masyarakat secara interdisipliner dan lintas sektoral berbasis Unity of Sciences.
c.   Mahasiswa mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk merencanakan kegiatan KKN sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan masyarakat mitra dampingan, berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh LP2M UIN Walisongo.
2.    Bagi Masyarakat dan Stakeholders
a.    Memperoleh bantuan tenaga dan pikiran untuk merencanakan dan melaksanakan program kegiatan lembaga kemasyarakatan dan stakeholders lainnya.
b.    Memperoleh pencerahan akademik dalam rangka melaksanakan kehidupan beragama yang baik.
c.     Terwujudnya jalinan silaturahmi antara civitas akademika dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
3.    Bagi UIN Walisongo
a.    Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.
b.    Mendapatkan umpan balik dari stakeholders, sehingga UIN Walisongo akan lebih mantap dalam melaksanakan fungsinya sebagai pusat penelitian, pengembangan dan pemeliharaan Ilmu Pengetahuan Agama Islam, serta sebagai pusat pengabdian.
c.     Memperoleh umpan balik untuk memantapkan kurikulum dan pengkajian masalah-masalah mutakhir dalam masyarakat sesuai dengan kebutuhan secara komprehenship.
d.    Adanya peningkatan kerjasama antara UIN Walisongo dengan Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi lainnya, instansi, dan lembaga swasta lainnya.

G.   PROGRAM KERJA KKN MANDIRI YANG DITAWARKAN
1.    Bimbingan Mengaji
a.    Mengajar Tajwid
b.    Mengajar Fashalatan
2.    Walisongo Mengajar
a.    Bimbingan Belajar
b.    Ikut Mengajar TK, SD, dan MTs
c.     Pelatihan Kaligrafi dan Tilawah
3.    Pengoptimalan Taman Baca
a. Menambah Buku Bacaan
b.  Gerakan Membaca dan Mengulas Isi Buku
4.    Bersih-bersih Kelurahan
a.  Kerja Bakti
b.  Bagorisasi
5.    Pelengkapan Fasilitas dan Informasi Kelurahan
a.  Pengelolaan Blog dan Media Sosial
b.  Papanisasi dan Baganisasi
6.    Sosialisasi dan Penanaman Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
a.  Senam Sehat
b.  Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
c.  Sosialisasi Kadar Sadar Gizi (Kadazi)
7.    Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos
8.    Pelatihan dan Pembinaan Ekonomi Kreatif
a.  Pembuatan Sabun dari Minyak
b.  Daur Ulang Limbah
c.  Sosialisasi labelling dan packaging


9.    Semarak KKN UIN Walisongo
 a. Festival Anak Sholeh (Adzan, Kaligrafi, Tartil, Hafalan Surat Pendek, dan Praktik Shalat)
 b. Jalan Sehat
c.  Bazar dan Pameran Keterampilan
d.  Ziarah Kubur dan Khataman Al-Qur’an
e.  Festival Seni dan Hiburan 

H.   METODE PELAKSANAAN PROGRAM KERJA KKN MANDIRI
1.    Persiapan
Mahasiswa merumuskan latar belakang, tujuan, sasaran, teknis kegiatan, anggaran, sumber dana, penanggung jawab. Selain itu, dalam persiapan juga harus ada koordinasi atau konsultasi dengan pihak terkait, baik itu pegawai dari desa, masyarakat, maupun Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). 
2.    Pelaksanaan
Mahasiswa terjun ke lapangan, melaksanakan tugas sesuai dengan perencanaan, dan melakukan kontrol agar sesuai dengan perencanaan.
3.    Evaluasi Program
Evaluasi adalah penilaian terhadap realisasi kegiatan. Dengan cara mengidentifikasi kekurangan dan kelebihannya, kesesuaiannya dengan tujuan yang dirumuskan, serta dengar pendapat dengan pembimbing dan masyarakat terkait guna pembenahan kegiatan selanjutnya.
4.    Penyusunan Laporan
Pembuatan laporan sebagai pertanggungjawaban dan pelaporan hasil dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

I.     RENCANA EVALUASI KEGIATAN DAN INDIKATOR KEBERHASILAN KEGIATAN
1.    Bimbingan Mengaji
a.    Latar Belakang
Mengaji adalah kewajiban bagi setiap umat Islam. Baik itu mengaji al-Qur'an maupun ilmu-ilmu yang berkaitan dengan agama Islam. Namun, dengan adanya kemajuan teknologi yang pesat masyarakat dari berbagai kalangan pun dengan mudah mengakses, dan menikmati berbagai informasi yang telah tersaji. Sehingga, hal ini dikhawatirkan akan mengganggu serta menyisihkan budaya khususnya bagi kalangan anak usia sekolah.
Ada beberapa hal pokok yang perlu diajarkan kepada anak diantaranya adalah tata cara shalat dan membaca al-Qur’an yang baik dan benar. Shalat merupakan ibadah wajib yang dikerjakan sehari-hari (lima waktu). Sedangkan al-Qur’an adalah kitab Allah yang dijadikan pedoman umat Islam sepanjang masa. Sehingga, belajar al-Qur’an dan tatacara shalat adalah suatu kewajiban.
Namun, permasalahan yang sering ditemukan di masyarakat adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan mengaji anak, beberapa anak belum bisa menerapkan tajwid yang benar ketika membaca al-Qur’an, dan banyaknya anak yang belum hafal bacaan shalat dan praktik shalat dengan baik. Sehingga, program yang ditawarkan adalah bimbingan mengaji dengan kegiatan belajar tajwid dan fashalatan.
b.    Deskripsi Kegiatan
Kegiatan bimbingan mengaji tajwid dan membaca al-Qur’an serta fashalatan sini dilakukan setelah selesai shalat maghrib secara bergantian pada hari yang telah ditentukan.
c.     Tujuan dan Sasaran
Tujuan kegiatan bimbingan mengaji adalah membimbing dan membiasakan anak-anak membaca al-Qur’an dan praktik shalat dengan baik dan benar. Sasaran kegiatan ini adalah ana-anak usia sekolah (PAUD sampai SMP).
d.    Bentuk Kegiatan
Pembelajaran dilakukan dengan panduan buku saku tajwid dan fotocopy bacaan-bacaan shalat. Setelah selesai, mengajarkan pembelajaran dilakukan praktik, baik membaca al-Qur’an maupun praktik shalat.
e.    Indikator Keberhasilan
Adapun indikator keberhasilannya adalah anak-anak mampu dan terbiasa membaca al-Qur’an sesuai ilmu tajwid dengan baik dan benar. Selain itu, anak-anak bisa mempraktekkan shalat dengan benar mulai dari niat sampai salam.


  
2.    Walisongo Mengajar
a.    Latar Belakang
Kegiatan belajar mengajar merupakan sesuatu hal umum yang sering di jumpai di setiap sekolah ataupun lembaga pendidikan yang lain. Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat interaksi antara pendidik dan peserta didik yang bertujuan untuk memberikan suatu pengetahuan baru yang belum diketahui oleh peserta didik. Dalam kegiatan belajar mengajar, seorang pendidik atau yang sering disebut guru harus berusaha untuk menyampaikan ilmu pengetahuan yang dimilikinya sebaik mungkin agar dapat dipahami oleh peserta didik. Sehingga, proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan bermakna bagi peserta didik. Di Kelurahan Karangmalang terdapat beberapa lembaga pendidikan formal mulai dari TK, SD, dan MTs. Melalui lembaga tersebut pendidik memberikan perngetahuan melalui suatu proses pembelajaran. Pembelajaran yang baik adalah yang di dalamnya mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Akan tetapi, ternyata pembelajaran dikelas belum mampu memberikan pemahaman tuntas secara menyeluruh. Perlu diingat bahwasanya pembelajaran yang bermakna adalah ketika peserta didik bukan hanya mendengarkan dan latihan. Tetapi, mengalami suatu pembelajaran untuk memperoleh sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Belajar di sekolah tidaklah cukup, karena mendengarkan bisa saja lupa. Untuk meningkatkan daya ingat dan pemahaman siswa maka pelajaran perlu dipelajari lebih mendalam dengan mengulang-ulang. Selain itu, peserta didik juga harus memiliki suatu keterampilan. Sebagai contoh kaligrafi dan tilawah. Sehingga, berdasarkan faktor-faktor tersebut, kami selaku mahasiswa peserta KKN MIT UIN Walisongo Semarang merasa memiliki kewajiban untuk membantu meningkatkan kegiatan pembelajaran di Kelurahan Karangmalang dengan merumuskan program “Walisongo Mengajar”.
b.    Deskripsi Kegiatan
Dalam kegiatan ini peserta KKN-MIT akan melakukan pengajaran di sekolah, TPQ, atau masjid yang berada di RW 01 Kelurahan Karangmalang
c.     Tujuan dan Sasaran
Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan anak-anak dan remaja Kelurahan Karangmalang dalam bidang pendidikan maupun keterampilan, serta meningkatkan motivasi dan minat anak-anak dan remaja Kelurahan Karangmalang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak dan remaja Kelurahan Karangmalang.
d.    Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan ini adalah mengajar dan memberi motivasi di SD, membimbing anak untuk berlatih membaca dan menulis bagi yang belum bisa, pengajaran beberapa mata pelajaran seperti matematika, IPA, dan lainnya, mengajarkan pendidikan keagamaan dan baca tulis al-quran, serta mengajari tilawah dan bermain rebana.
e.    Indikator Keberhasilan
Setelah kegiatan tersebut, anak-anak dan remaja Kelurahan Karangmalang dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang didapat pada kegiatan lomba-lomba maupun kegiatan penutupan yang diselenggarakan peserta KKN MIT. Selain itu, dengan adanya program Walisongo Mengajar ini siswa terbantu dalam menyesaikan pekerjaan rumah atau tugas sekolah serta lebih mendalami materi pelajaran.
3.    Pengoptimalan Taman Baca
a.    Latar Belakang
Buku adalah jendela dunia, untuk melihat dunia maka harus banyak membaca buku. Budaya membaca buku di kalangan anak-anak dan remaja saat ini masih dirasa kurang. Meskipun, di Kelurahan Karangmalang sudah terdapat taman baca desa yang bertempat di rumah ketua RW 01. Salah satunya penyebab kurangnya minat baca adalah pertama, belum ada waktu tertentu khsus untuk melaksanakan program baca buku bersama dan pengulasan isi buku. Dan kedua, masih minimnya jumlah buku dan jenisnya. Oleh karena itu, peserta KKN MIT UIN Walisongo berusaha untuk membantu dan membudayakan membaca buku dengan kegiatan penambahan buku bacaan dan menjadwalkan waktu untuk membaca bersama dan mengulas isinya agar lebih mendalam.
b.    Deskripsi Kegiatan
Dalam kegiatan ini peserta KKN-MIT mengumpulkan buku dan mengatur jadwal membaca bersama.


c.     Tujuan dan Sasaran
Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan minat membaca buku di kalangan anak-anak dan remaja. Sedangkan sasaran kegiatan ini adalah peserta KKN-MIT anak-anak dan remaja.
d.    Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan ini adalah menambah buku bacaan dan mengklasifikasikannya serta membuat gerakan membaca dan mengulas isi buku.
e.    Indikator Keberhasilan
Terkumpulnya buku-buku bacaan sekaligus diklasifikasi dengan baik dan ditata rapi di rak serta terlaksananya kegiatan membaca buku bersama.
4.    Bersih-bersih Kelurahan
a.    Latar Belakang
Kebersihan lingkungan akan menambah indah pemandangan dan mendukung kesehatan lingkungan. Sehingga, menjaga kebersihan lingkungan sangat penting. Di Kelurahan Karangmalang meskipun kondisinya sudah cukup bersih dan terawat, akan tetapi sering dilakukannya pembakaran sampah yang menimbulkan pencemaran udara. Selain itu, karena tidak adanya tempat pembuangan umum, warga sering mengumpulkan sampahnya diselokan setelah membersihkan persekitaran rumah masing-masing. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan bersama untuk memerhatikan kebersihan lingkungan berupa bersih-besih dusun berupa kerja bakti dan bagorisasi atau pengumpulan sampah.
b.    Deskripsi Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan setiap dua minggu sekali dengan membersihkan dan mengumpulkan sampah.
c.     Tujuan dan Sasaran
Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan rasa kebersamaan warga dan menumbuhkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Adapun sasaran kegiatan ini adalah masyarakat Desa Kaliputih.
d.    Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini adalah kegiatan setiap dua minggu di lingkungan RT masing-masing. Kegiatan ini ditandai dengan membersihkan tepian jalan, selokan dari rerumputan dan sampah. Dan membungkus atau mengumpulkan sampah berdasarkan klasifikasinya.
e.    Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan kegiatan ini adalah adanya antusiasme warga dan kondisi lingkungan menjadi lebih bersih. 
5.    Pelengkapan Fasilitas dan Informasi Kelurahan
a.    Latar Belakang
Kelengkapan fasilitas dan informasi merupakan penunjang kemudahan akses, informasi, terkait kondisi lingkungan. Beberapa permasalahan yang ada di Kelurahan Karangmalang adalah belum adanya papan pertanda seperti ketua dusun, ketua RT, RW, dan alat penunjuk arah. Kemudian, di Kantor Kelurahan juga terdapat berberapa bagan yang terlihat kusut dan perlu untuk diperbaruhi. Selain itu, juga adanya kesulitan mengakses informasi yang berkaitan dengan Kelurahan Karangmalang di internet karena jumlah informasinya terbatas dan belum diperbaharui. Oleh karena itu, perlu adanya papanisasi dan baganisasi serta pengelolaan blog dan media sosial untuk kemudahan akses informasi.
b.    Deskripsi Kegiatan
Kegiatan pelengkapan memnambah dan memperbaiki informasi yang berkaitan dengan Kelurahan Karangmalang.
c.     Tujuan dan Sasaran
Tujuan kegiatan ini adalah mempermudah akses informasi terhadap kelurahan. Adapun sasaran kegiatan ini adalah perangkat desa.
d.    Bentuk Kegiatan
Adapun bentuk kegiatan program ini adalah membuat informasi desa seperti pengadaaan papan pertanda seperti ketua dusun, ketua RT, RW, dan penunjuk arah, pembuatan bagan desa, memperbarui dan mengunggah beberapa informasi terkait kelurahan di internet baik melalui blog maupun media sosial.
e.    Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan kegiatan ini adalah adanya papan informasi, bagan, dan informasi desa lebih beragam.


6.    Sosialisasi dan Penanaman Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
a.    Latar Belakang
Kesehatan adalah kebutuhan setiap orang. Dengan kondisi yang sehat aktivitas tidak mudah terganggu dan etos kerja tidak lemah. Kesehatan bisa dimulai dengan hal-hal kecil, misalnya menjaga pola hidup bersih dan sehat. Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan langkah yang dapat ditempuh untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
Mayoritas masyarakat Kelurahan Karangmalang sibuk bekerja sebagai petani, buruh, dan karyawan yang mengakibatkan kurangnya olahraga. Ditambah lagi, dengan gaya hidup dan pola makan yang kurang baik. Kondisi dan pola hidup tersebut tentu dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, sosialisasi dan penanaman PHBS sangat perlu untuk dilakukan agar masyarakat membiasakan pola hidup yang lebih baik.  
b.    Deskripsi Kegiatan
Kegiatan sosialisasi dan penanaman PHBS ini dilakukan dalam bentuk pemberitahuan, upaya pencegahan, dan peringatan untuk senantiasa menjaga pola hidup yang sehat dan bersih.
c.     Tujuan dan Sasaran
Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi dan membiasakan masyarakat menjaga pola hidup bersih dan sehat. Adapun sasaran kegiatan ini adalah ibu-ibu rumah tangga.
d.    Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan dari PHBS meliputi senam sehat, penanaman tanaman obat keluarga (TOGA), dan sosialisasi kadar sadar gizi (kadazi).
e.    Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan kegiatan ini adalah masyarakat menerapkan PHBS dengan mengatur asupan gizi dan pola makan, meluangkan waktu untuk berolahraga, serta melakukan upaya persiapan dan tanggap dengan menanam TOGA.
7.    Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos
a.    Latar Belakang
Mayoritas profesi masyarakat sebagai petani atau pekebun mengindikasikan bahwa adanya suatu pupuk adalah kebutuhan untuk mendukung proses bercocok tanam. Biaya untuk membeli pupuk pun mahal. Sehingga, untuk memperoleh suatu pupuk bisa juga membuat pupuk kompos dengan modal yang murah meriah. 
b.    Deskripsi Kegiatan
Kegiatan ini dilakukan sekali selama KKN. Diproduksi dengan daun dan jerami yang membusuk atau kotoran hewan.      
c.     Tujuan dan Sasaran
Tujuan kegiatan ini adalah melatih pembuatan pupuk kompos. Sasarannya adalah karang taruna dan orang dewasa.
d.    Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatannya adalah memproduksi pupuk kompos.
e.    Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan kegiatan ini adalah warga paham bagaimana memproduksi pupuk kompos dan mempraktekkannya.
8.    Pelatihan dan Pembinaan Ekonomi Kreatif
a.    Latar Belakang
Ketergantungan ekonomi masyarakat pada sektor pertanian masih tinggi. Kebanyakan masyarakat merasa cukup dengan bercocok tanam dan berkebun. Akan tetapi, realita yang ada, ketergantungan tersebut belum mampu mengangkat perokoniman masyarakat. Sehingga, perlu adanya bimbingan berupa pelatihan dan pembinaan ekonomi kreatif.
Ekonomi kreatif dapat dilakukan melalui hal-hal sederhana dan tanpa menggunakan biaya yang mahal. Seperti membuat sabun cuci dari minyak, mendaur ulang suatu limbah anorganik agar menjadi barang layak konsumsi. Selain itu, untuk meningkatkan inovasi ekonomi kreatif diperlukan sebuah sosialisasi yang berkaitan dengan labelling dan packaging. Oleh karena itu, pelatihan dan pembinaan ekonomi kreatif perlu untuk dilakukan melalui pelatihan dan pembinaan.
b.    Deskripsi Kegiatan
Kegiatan ini berupa pelatihan dan pembinaan untuk kelompok PKK dan ibu rumah tangga.
c.     Tujuan dan Sasaran
Tujuan program kegiatan ini adalah memunculkan ide kreatif dan mencari alternatif tambahan sebagai penunjang perekonomian warga. Sasarannya adalah anggota PKK dan ibu rumah tangga.
d.    Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan program ini adalah membuat sabun dari minyak, mendaur ulang limbah anorganik menjadi kerajinan tangan, serta sosialisasi labelling dan packaging. 
e.    Indikator Keberhasilan
Keberhasilan kegiatan ini adalah masyarakat bisa dan tahu tatacara mendirikan usaha kecil dan memproduksi sesuatu yang bernilai guna atau jual.
9.    Semarak KKN UIN Walisongo
a.    Latar Belakang
Ilmu, keterampilan, dan pengabdian adalah hal yang sangat penting di dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai tindak lanjut dan implementasi dari ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh didalam perkuliahan dan organisasi, maka dilakukanlah kegiatan konkret pengabdian kepada masyarakat. Bentuk nyata dalam pengabdian kepada masyarakat adalah dilaksanakannya Kuliah Kerja Nyata (KKN). Didalam KKN disusun beberapa kegiatan melalui bidang-bidang diantaranya pendidikan, keagamaan, lingkungan, kesehatan, dan kewirausahaan. Dimana semua kegiatan disusun berdasarkan kebutuhan dan keperluan lapangan baik bersifat edukatif, persuatif, maupun reflektif. Dari berbagai kegiatan yang dirumuskan, perlu ada rangkaian kegiatan yang sistematis dan terstruktur sebagai tindak lanjut dan kegiatan puncak untuk merangkul seluruh komponen masyarakat dari kanak-kanak, remaja, dewasa, sampai lanjut usia. Kegiatan yang dilakukan untuk menggali bakat dan minat, memberikan edukasi, dan merawat kegiatan-kegiatan keislaman masyarakat. Sehingga, kelompok KKN-MIT mengusulkan program “Semarak KKN UIN Walisongo” yang kegiatannya meliputi: Festival Anak Sholeh (lomba adzan, kaligrafi, tartil, hafalan surat pendek, dan praktik shalat),  jalan sehat, ziarah kubur dan khataman al-Qur’an, bazar dan pameran keterampilan serta Pentas Seni dan Hiburan.
b.    Deskripsi Kegiatan
Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan pada minggu terakhir, yang diadakan pada tingkat Desa Kaliputih dan Kelurahan Karangmalang.

c.     Tujuan dan Sasaran
Tujuan dari program kegiatan ini adalah menggali bakat dan minat, memberikan edukasi, dan merawat kegiatan-kegiatan keislaman dan pendidikan. Serta memberikan hiburan kepada masyarakat. Adapun sasaran kegiatan ini adalah masyarakat Kelurahan Karangmalang.
d.    Bentuk Kegiatan
Adapun bentuk kegiatannya adalah Festival Anak Sholeh (lomba adzan, kaligrafi, tartil, hafalan surat pendek, dan praktik shalat), jalan sehat, ziarah kubur dan khataman al-Qur’an, bazar dan pameran keterampilan serta Pentas Seni dan Hiburan..
e.    Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan kegiatan ini adalah terlaksananya semua kegiatan dengan lancar dan masyarakat puas dan antusias dalam kegiatan tersebut.
 
J.     PERSONALIA DAN BIODATA LENGKAP KELOMPOK KKN MANDIRI
Struktur kelompok pengusul KKN-MIT di Kelurahan Karangmalang Desa Kaliputih adalah sebagai berikut:
Koordinator Desa                             : Dadang Supriatna                   (1401026038)
Sekretaris Desa                                 : Endang Vanny S.                     (1401046012)          
Bendahara Desa                               : Wiwit Minatul H.                     (1401046007)
Bidang-bidang                                  : 
1.  Bidang Sosial Kemasyarakatan  : Nandani Rahayuningtyas         (1401026035)
                                                             Miftakur Rohman                   (1402036055)
                                                         Aisah Helen T.                       (1403026080)
2.  Bidang Pendidikan dan               : Khamidah Eko P.                     (1401016034)
Keagamaan                                               Idham Kholid                        (1402016105)
                                                         Ahmad Sirojuddin                  (1401046021)
3.  Bidang Ekonomi dan                   : Diyah Nur Inayah                    (1402036044)
Kewirausahaan                             Mohammad Rezy Tri A.           (1402036043)
                                                             Wildan Widy W.                       (1401036026)

4.  Bidang Kesehatan Lingkungan  : Dede Sofiyah                           (1401046012)
                                                              Ismungi                                    (1401036060)
  Noval Hakim A.                       (1402016100)

Adapun biodata lengkap anggota kelompok KKN-MIT di Kelurahan Karangmalang  adalah sebagai berikut:        
1.     Nama                              : Dadang Supriatna
NIM                                 : 1401026030
Fakultas                          : Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Jurusan                           : Komunikasi Penyiaran Islam
Tempat, Tanggal Lahir  : Majalengka, 3 November 1996
Alamat Asal                    : Desa Sutawangi rt 04/06 kec. Jatiwangi, Majalengka.
Alamat Sekarang           : Jl. Tapakraya Tugurejo, Tugu PonPes Al Muqorrobin
No. HP                            : 085 722 779 220
Email                               : ddanks_knightixa@ymail.com

2.     Nama                              : Endang Vanny Saputri
NIM                                 : 1401046012
Fakultas                          : Dakwah Dan Komunikasi
Jurusan                           : Pengembangan Masyarakat Islam
Tempat, Tanggal Lahir  : Grobogan, 10 November 1996
Alamat Asal                    : Jl. Firaga ll, rt 05/01, Tlogomulyo Semarang
Alamat Sekarang           : Jl. Firaga ll, rt 05/01, Tlogomulyo Semarang
No. HP                            : 089 907 520 65
Email                               : endangvanny@gmail.com

3.     Nama                              : Wiwit Minatul Hidayah
NIM                                 : 1401046008
Fakultas                          : Dakwah Dan Komunikasi
Jurusan                           : Pengembangan Masyarakat Islam
Tempat, Tanggal Lahir  : Pemalang, 29 Agustus 1996
Alamat Asal                   : Ds. Warungpring, rt 01/04  Pemalang.
Alamat Sekarang           : Jl. Tanjung Sari Utara VI
No. HP                            : 085 641 580 078
Email                               : wiwitgendis@gmail.com
4.     Nama                              : Nandani Rahayuningtyas
NIM                                 : 1401026035
Fakultas                          : Fakultas Dakwah Dan Komunikasi
Jurusan                           : Komunikasi Penyiaran Islam
Tempat, Tanggal Lahir  : Rembang, 11 Mei 1996
Alamat Asal                    : Desa Padaran rt 01/02 Rembang
Alamat Sekarang           : Perum Bank Niaga Blok B15,Tambak aji Ngaliyan
No. HP                            : 081 225 462 901
Email                               : nandanirahayu@outlook.co.id
5.     Nama                              : Miftakur Rohman
NIM                                 : 1402036055
Fakultas                          : Fakultas Syari’ah dan Hukum Islam
Jurusan                           : Hukum Ekonomi Syariah
Tempat, Tanggal Lahir  : Grobogan, 10 juli 1996
Alamat Asal                    : Putatsari rt 08/03 Purwodadi Grobogan
Alamat Sekarang           : Jl. Karonseh Utara No. 73 rt 03/03 Ngaliyan Semarang
No. HP                            : 081 578 146 689              
Email                               : miftakurrohman07@gmail.com
6.     Nama                              : Aisah Helen Tursina
NIM                                 : 1403026080
Fakultas                          : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan
Jurusan                           : Pendidikan Bahasa Arab
Tempat, Tanggal Lahir  : Kendal, 1 Mei 1993
Alamat Asal                    : Desa kutoharjo rt 03/04 Kaliwungu Kendal
Alamat Sekarang           : Desa kutoharjo rt 03/04 Kaliwungu Kendal
No. HP                            : 083 842 795 390
Email                               : aisah.helen@gmail.com
7.     Nama                              : Khamidah Eko Pujiarti
NIM                                 : 1401016034
Fakultas                          : Fakultas Dakwah Dan Komunikasi
Jurusan                           : Bimbingan Dan Penyuluhan Islam
Tempat, Tanggal Lahir  : Jakarta, 23 September 1996
Alamat Asal                    : Desa Bangkok, rt 01/01 Kramat, Kabupaten Tegal.
Alamat Sekarang           : Jl. Masjid Baiturrahim rt 01/02 Jrakah Semarang
No. HP                            : 085 742 588 336
Email                               : khamidahkhamidah@gmail.com
8.     Nama                              : Idham Kholid
NIM                                 : 1402016105
Fakultas                          : Fakultas Syariah dan Hukum
Jurusan                           : Hukum Perdata Islam
Tempat, Tanggal Lahir  :
Alamat Asal                    : Bonang, rt 05/01 Demak
Alamat Sekarang           : Jl.
No. HP                            : 085 824 477 924
Email                               : idham0060@gmail.com
9.     Nama                              : Ahmad Sirojuddin
NIM                                 : 1401046021
Fakultas                          : Fakultas Dakwah Dan Komunikasi
Jurusan                           : Pengembangan Masyarakat Islam
Tempat, Tanggal Lahir  : Demak, 24 November 1995
Alamat Asal                    : Desa Betahwalang, Bonang, Kabupaten Demak
Alamat Sekarang           : Jl. Karonseh Selatan Ngaliyan Semarang
No. HP                            : 089 638 598 609
Email                               : ahmadsirojuddin2413@gmail.com
10.  Nama                              : Diyah Nur Inayah
NIM                                 : 1402036044
Fakultas                          : Fakultas Syariah dan Hukum
Jurusan                           : Hukum Ekonomi Syariah
Tempat, Tanggal Lahir  : Rembang, 24 Juni 1996
Alamat Asal                    : Desa Sumber, rt 02/03 Sumber, Kabupaten Rembang
Alamat Sekarang           : Perum Bank Niaga Block B15
No. HP                            : 089 530 139 489
Email                               :
11.  Nama                              : Mohommad Rezy Tri Ardiansyah
NIM                                 : 1402036043
Fakultas                          : Fakultas Syariah dan Hukum
Jurusan                           : Hukum Ekonomi Syariah
Tempat, Tanggal Lahir  : Brebes, 28 Agustus 1996
Alamat Asal                    : Jl. Sultan Agung rt 05/06 Pengempon Brebes
Alamat Sekarang           : Jl. Karonseh Utara No. 73 rt 03/03 Ngaliyan Semarang
No. HP                            : 089 751 342 299
Email                               : rezyardiansyah1996@gmail.com
12.  Nama                              : Wildan Widy Wibowo
NIM                                 : 1401036025
Fakultas                          : Fakultas Dakwah Dan Komunikasi
Jurusan                           : Manajemen Dakwah
Tempat, Tanggal Lahir  : Kendal, 8 September 1996
Alamat Asal                    : Jl. Pahlawan rt 10/02 Kebondalem Kendal
Alamat Sekarang           : Jl. Honggowongso rt 10/09 Ngaliyan Semarang
No. HP                            : 081 380 820 648
Email                               : widywildan30@gmail.com
13.  Nama                              : Dede Sofiyah
NIM                                 : 1401046013
Fakultas                          : Fakultas Dakwah Dan Komunikasi
Jurusan                           : Pengembangan Masyarakat Islam
Tempat, Tanggal Lahir  : Cirebon, 6 Juni 1996
Alamat Asal                    : Desa Duku puntang rt 15/05 cirebon
Alamat Sekarang           : Jl. Tanjung Sari Selatan
No. HP                            : 081 234 167 884
Email                               : dedesoviyah34@gmail.com
14.  Nama                              : Noval Hakim Ahmad
NIM                                 : 1402016100
Fakultas                          : Fakultas Syariah Dan Hukum
Jurusan                           : Hukum Perdata Islam
Tempat, Tanggal Lahir  : Rembang, 10 Mei 1997
Alamat Asal                    : Bonang, rt 01/01 Lasem Kabupaten Rembang
Alamat Sekarang           : Jl. Tanjung Sari
No. HP                            : 089 705 213 84
Email                               :  nofalhakim1997@gmail.com
15.  Nama                              : Ismungi
NIM                                 : 1401036060
Fakultas                          : Fakultas Dakwah Dan Komunikasi
Jurusan                           : Manajemen Dakwah
Tempat, Tanggal Lahir  : Lampung, 20 Oktober 1993
Alamat Asal                    : Jl.
Alamat Sekarang           : Jl. Kedung pane
No. HP                            : 082 278 714 470
Email                               : ismungiaja@gmail.com

K.    SUMBER DAN ANGGARAN BIAYA KEGIATAN
Dana KKN-MIT bersumber dari:
1.    Kontribusi peserta KKN-MIT
2.    Instansi yang membantu
3.    Donatur dari lembaga atau perorangan yang bersifat tidak mengikat.
Adapun rincian anggaran kegiatan tercantum pada tabel.4 berikut:
Rincian Anggaran Kegiatan
Pemasukan

Kuantitas
Volume
Satuan
Jumlah
Iuran Pokok
15
1
1.850.000
27.750.000
Iuran Rutin (Kas)
15
45
1.000
675.000
Jumlah Total Pemasukan
28.425.000
Pengeluaran
Living Kos dan Konsumsi
15
45
30.000
20.250.000
Transportasi
1
1
750.000
750.000
Pengurus Harian
1.    Administrasi Posko
-
1
100.000
100.000
2.    Surat, Proposal, dan Laporan
-
-
100.000
100.000
3.    Kenang-kenangan KKN
-
1
200.000
200.000
4.    Semarak KKN UIN Walisongo

a. Festival Anak Sholeh




1)    Adzan
-
1
100.000
100.000
2)    Kaligrafi
-
1
100.000
100.000
3)    Tartil
-
1
100.000
100.000
4)    Hafalan Surat Pendek
-
1
100.000
100.000
5)    Praktik Shalat
-
1
100.000
100.000
b. Ziarah Kubur dan Khatmil Qur’an
-
1
-
250.000
c. Festival Seni dan Hiburan
-
1
-
1.500.000
d. Jalan Sehat
-
1
-
600.000
e.Bazar dan Pameran Keterampilan
-
1
-
200.000
5.    Lain-lain
-
-
-
175.000
Total Pengeluaran
3.625.000
Bidang Keagamaan
1.    Bimbingan Mengaji
a.   Fotocopy Fasholatan
30
1
5000
150.000
b.  Kitab Tajwid
30
1
5000
150.000
 2.   Partisipasi (khutbah dan pengajian)
-
-
-
-
 3.   Lain-lain
-
-
-
50.000
Total Pengeluaran
350.000
Bidang Pendidikan
1.    Walisongo Mengajar

a.   Bimbel




1)  Perlengkapan
-
1
50.000
50.000
2)  Snack Mingguan
-
5
20.000
100.000
b.  TK-SD-MTs
-
-
-
-
c.   Kaligrafi dan Tilawah (Snack)
-
-
-
100.000
 2.   Pengadaan Buku
-
-
-
200.000
 3.   Lain-lain 
-
-
-
75.000
Total Pengeluaran
525.000
Bidang Lingkungan
1.   Pengembangan Fasilitas dan Informasi Desa
       a.  Pengelolaan Blog dan Medsos
-
-
-
-
       b.  Papanisasi & Baganisasi
30
1
15.000
450.000
2.   Bersih bersih (Konsumsi)
-
2
125.000
250.000
3.     Bagorisasi
-
-
-
250.000
4.   Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos
-
-
-
350.000
5.  Lain-lain
-
-
-
75.000
Total Pengeluaran
1.375.000
Bidang Kesehatan




1. Senam Sehat
-
5
30.000
150.000
2.    2. Tanaman Obat Keluarga (Bibit)
50
1
4000
200.000
3. Sosialisasi Kadar Sadar Gizi (Kadazi)
-
-

500.000
4.   Lain-lain
-
-
-
75.000
Total Pengeluaran
925.000
Bidang Ekonomi/ Kewirausahaan

1.  Pembuatan Sabun dari Minyak
-
-
-
150.000
2.  Daur Ulang
-
-
-
100.000
3.  Sosialisasi Labelling dan Perizinan
-
-
-
300.000
4.    Lain-lain
-
-
-
75.000
Total Pengeluaran
625.000
Jumlah Total Pengeluaran
28.425.000
Saldo
0
Tabel 4. Rincian anggaran kegiatan KKN-MIT
L.    PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun, kami menyadari bahwa dalam penyusunan proposal ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Namun, kami berharap proposal ini dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN-MIT) di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Mijen Kota Semarang. Sehingga, dengan adanya proposal ini pelaksanaan KKN-MIT menjadi lebih terstruktur dan terarah.
Sementara itu, dalam pelaksanaan kegiatan KKN-MIT tentu kami membutuhkan bantuan berupa materiil, moril, dan kerjasama dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, kami memohon kesediaan untuk membantu mendukung, meperlancar, dan mensukseskan kegiatan KKN-MIT yang telah direncanakan. Sehingga, tujuan dari setiap kegiatan dapat tercapai dengan baik. Semoga pelaksanaan kegiatan KKN-MIT memperoleh ridho dari Allah Swt, terlaksana dengan baik dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat tempat pelaksanaan KKN-MIT.
Selanjutnya, proposal ini kami susun sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari dalam melakukan seleksi usulan KKN-MIT. Atas perhatian dan bantuan dari Bapak/Ibu/Saudara/Saudari  kami mengucapkan terimakasih.
Akhir kata, tak ada gading yang tak retak. Kami mengharap berbagai kritik dan saran yang membangun untuk dilakukan perbaikan.

M.  DAFTAR LAMPIRAN
1.    Surat Keterangan Kesediaan Ditempati Sebagai Lokasi KKN
2.    Copy Transkip Nilai (120 SKS)
3.    Denah Lokasi KKN
4.    Struktur Kelompok KKN-MIT
5.    Daftar Kegiatan Pra KKN-MIT
6.    Dokumentasi



Comments

Popular Posts