ekonomi makro islam resume


Resume ekonomi Makro Islam
Makalah
Disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah: Ekonomi Makro Islam
Dosen Pengampu: Bapak Raden Rifqiawan


      Oleh:

M. Nadhiful Labib                  (1402036064)


HUKUM EKONOMI ISLAM (MUAMALAH)
           FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
                                                                  2016

Perbedaan ekonomi Makro dengan ekonomi Mikro Pertemuan ke 2
Ilmu ekonomi adalah sebuah ilmu yang digambarkan dengan bentuk gambar grafik, table, kurva dan bentuk lainya. sedang teori ekonomi ada dua ekonomi mikro dan ekonomi Makro. Jika makro membahas ilmu ekonomi tingkat dasar atau kecil yaitu konsumen, produsen dan perusahaan sedangkan ekonomi Makro membahas ekonomi negara dan masyarakat.
            Yang dimaksut teori ekonomi adalah ilmu yang membahas mekanisme sedangkan illmu ekonomi terapan adalah ilmu ekonomi yang menggunakan teori ekonomi sebagai kesimpulan dari teori ekonomi ilmu akutansi, ekonomi pertanian dan lain sebagainya.
            Perbedaan ilmu ekonomi ada tiga prinsip:
1.      Konsep harga.
a.       Ilmu ekonomi mikro membahas sebuah komoditas ex: telur, harga cabe dll.
b.      Ilmu ekonomi makro membahas seluruh komoditas ex: terjadinya Inflasi, harga sembako dll
2.      Ruang lingkup/analisa.
a.       Ekonomi Mikro pembahasanya sempit:


1.      Teori Harga, permintaan dan penawaran, pasar.
2.      Teori produksi: biaya produksi , laba maksimum perusahaan.
3.      Teori Distribusi, pendapatan,
4.      Tingkat upah
5.      Inflasi: Kenaikan harga secara umum dan terus menerus (jangka panjang)
6.      Masalah pengangguran
7.      Ekspor impor, pinjaman luar negeri, investasi


b.      Ekonomi Makro pembahasanya sangatlah luas.
3.      Tujuan Ekonomi
a.       Ekonomi Mikro           : Untuk mengetahui prinsip ekonomi
b.      Ekonomi Makro          :
1)      Untuk mengetahui variable ekonomi terhadap pendapatan nasional.
2)      Untuk mengetahui Dampak Inflasi terhadap pengangguran, suku bunga dan Investasi
4.      Masalah ekonomi Mikro dan cara mengatasinya:
a.       Masalah pasar tradisional dan pengusaha kecil timpang dengan yang besar dan modern.
b.      Barang langka menjadikan harga naik.
c.       Saat panen raya nilai jual hasil pertanianya biasanya sangat murah.
d.      Black Market
Cara mengatasi:
a.       Kebijakan usaha pemerintah untuk masyarakat ex: pembuatan tempat dan edukasi.
b.      Penetapan harga tertinggi dan penetapan harga rendah.
c.       Market Operation
5.      Problem and solution makro economic:
a.      Problem: Destituion, income imbalance, Short of financial capital, backwardness, unemployment and inflation.
b.      Pinjaman, dana bantuan, pajak proporsional, menarik investor asing, beasiswa, menambah lapangan kerja baru dan menarik uang beredar yang berlebihan.
6.      Masalah ekonomi dapat dibagi menjadi dua absolut dan relative.
7.      Indonesia masih rendah dalam hal pendidikan, infrastruktur, daya saing, dan teknologi.
8.      Pengangguran dikarenakan tempat kerja sempit tenaga kerja mbludak dan Sdm yang rendah.
9.      Kurangnya modal karena: Rendahnya investasi, rendahnya tabungan masyarakat, kecilnya pendapatan dan modal yang kecil.
10.  Ketimpangan pendapatan disebabkan: penduduk yang banyak, inflasi tinggi produksi rendah, investasi hanya untuk padat modal dan robohnya kerajinan masyarakat.



Resume pertemuan ke 3  sejarah Ekonomi Makro Islam
      Sejarah ilmu ekonomi dari masa sebelum Adam Smith, masa Adam Smith dan masa modern. Sebenarnya sebelum Adam Smith telah banyak buku yang membahas tentang ekonomi akan tetapi tidak ada yang membahas secara sistematis dan analisis yang bersifat menyeluruh apalagi ilmu ekonomi belum bisa dikatakan sebagai cabang ilmu sendiri.
      Kemudian Adam smith menulis buku tentang ekonomi yang sistematis yang berjudul An inquiry into Nature and Causes of the Wealth of Nation”. Dengan bukunya itu beliau dijuluki sebagai bapak Ilmu Ekonomi dunia. Masa itu revolusi industry, teknologi yang semakin canggih, pertumbuhan dan modernisasi kegiatan ekonomi terjadi sehingga organisasi perusahaan komplek.
Ekonomi Makro berakar dari beberapa teori yaitu klasik, Keynness dan teori baru. Teori klasik menerapkan ekonomi MIkro sebagai masalah ekonomi yang luas. Seperti “Analisis penawaran dan permintaan klasik mengasumsikan bahwa penawaran tenaga kerja yang berlebih akan menyebabkan turunnya upah ke tingkat keseimbangan baru; akibatnya, pengangguran tidak bertahan lama”.[1]
Sedangkan John Meynard Keynes dengan bukunya yang berjudul (The General Theory of Employment, Interest dan Money, 1936).
Bukan harga dan upah yang menentukan tingkat peluang kerja, melainkan tingkat permintaan agregat akan barang dan jasa. Campur tangan pemerinta perlu disertakan dalam perekonomian untuk mempengaruhi tingkat keluaran dan peluang kerja. Caranya: pemerintah merangsang permintaan agregat untuk mengangkat ekonomi keluar dari resesi.[2]
Sedangkan ini adalah ilmu ekonomi baru yang di ungkapkan oleh walter heller kepada presiden John Kennedy Johnson tentang penyesuaian ekonomi yang tepat sebagai peran pemerintah dalam mengatasi inflasi dan penganngguran.
Terjadi ketidakseuaian ditahun 70an membuat serangkain fluktuasi besar sehingga banyak terjadi inflasi dan pengangguran di Amerika serikat. 1974 -75 dan 1980 -82 banyak yang terjadi resesi sehingga terjadi resesi yang besar.







PERHATIAN ILMU EKONOMI MAKRO pertemuan ke 4
Perhatian ilmu ekonomi Makro diberhatikan utama adalah tentang inflasi pertumbuhan pengeluaran dan pengangguran. Sedangkan pemerintah mengatur kebijakanya secara baik dengan tiga hal:
1.      Kebijakan fiscal: adalah kebijakan yang berkaitan dengan pajak dan pengeluaran.
2.      Kebijakan moneter adalah kebijakan yang digunakan untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar oleh bank Central.
3.      Kebijakan pertumbuhan yang bertujuan focus pada kenaikan produksi merangsang permintaan agregat.
Fokus ekonomi makro yang berkomponen pada:
1.      Rumah tangga (satu sector)
2.      Perusahaan (Dua sector)
3.      Pemerintah (tiga sector)
4.      Luar negeri.(empat Sektor)
Luar Negeri

Hubungan antara empat sector itu bisa kita pahami melalui gambar dibawah ini :
Diagram Arus Melingkar                                                                  

Pembelian barang & jasa buatan dalam negeri oleh orang asing (eksport)
Pembelian barang & jasa buatan luar negeri (Import)

Luar negeri

Pembelian barang & jasa
                                              





Sejarah pemikiran ekonomi Islam ke 5
            Islam mulai tumbuh pada abad ke 7 disitu juga mulailah ekonomi berkembang dengan acuan ajaran Nabi SAW. Dimana banyak terdapat ajaran – ajaran ekonomi akan tetapi diakui setelah masa nabi. Dari situ ekonomi islam mulai dikelompokan.
1. Periode pertama (Masa awal Islam 450 H/1058M).
            2. Periode kedua (450-850H/1058-1446M).
            3. Periode ketiga (850-1350H/1446-1932M).
            4. Periode kontemporer (1350H – sekarang/ 1932M – sekarang)
Prinsip kebijakan ekonomi tertinggi terletak pada pencipta yaitu Allah SWT, sedangkan manusia dibumi hanya sebagai pengganti Allah, kekayaan hanya izin Allah SWT maka dari itu orang lain yang lemah berhak atas hartanya, harta harus berputar dan tidak boelh ditimbun, exploitasi dan jurang pemisah antara manusia harus dihilangkan.
            Sistem ekonomi pada masa Rasulullah sangat sederhana dikarenakan sedikitnya yang pandai membaca dan menulis. Masa itu distribusi zakat dibagikan secara local. Ghonimah biasanya dibagi setelah terjadi peperangan. Bukti pembayaran dan penerimaan sangat sederhana.
            Akad – akad dalam muamalah sangat banyak dan luas ini adalah sumbangsih dari para ulama’ diataranya adalah: Al kindi, Ibnu Hajar, Ibnu Rusyd, ibnu haitam dan lain sebagainya. Bahkan buku karya ulama islam menjadi sumber refensi  bagi ekonom barat. Seperti buku Al Amwal (Abu Ubaid) menjadi rujukan Adam Smith dalam bukunya  The Wealt of Nation.
            Dalam bukunya Adam Smith di akui bahwa ekonomi yang maju adalah bangsa Arab dan Tartar dan mengakui bangsa arab yang dimaksut adalah bangsa arab yang di pimpin oleh nabi Muhammad dan Khulafaur Rasyidin.
            Kebijakan Fiskal masa Rasulullah meliputi: Kharaj, Jizyah, zakat, ushr, ghanimah, amwal fdhla dan nawaib. Dengan intitusi keuangan publik yaitu baitul Maal yang mengatur keuangan sebagai lembaga pemerintahan. Tugasnya mengelola, menampung keuangan negara.
            Kebijakan moneter pada masa Rasulullah adalah dengan isntrumen bunga, mitranya adalah roma dan persia, alat pembayaran dengan dinar dan dirham selain itu adalah surat wesel dagang dan surat hutang. Dengan kebijakan ekonomi untuk mempercepat perdaran uang maka Rasul menerapkan kebijkan berupa: larangan menimbun dan riba. Juga perkuatan kerja sama dan meminjamkan modal tanpa riba. Nilai uang meningkat dengan kebijakan fiskal berupa aktifitsa produktif dan bekerja juga mendorong kaum Muhajirin dan Anshor untuk bekerja sama.
            Kebijakan fiskal terus dikembangkan oleh penerus Rasul diantaranya yang menonjol adalah umar bin Khotob dan Ali bin Abi Thalib. Masa Umar adalah masa dimana ekonomi benar – benar di tata dengan rapi salah satu buktinya adalah adanya baitul mal distrik juga menyuruh gubernur Amru bin Ash untuk memperbaiki sarana dan prasarana perdangan. sedangkan masa Abu Thalib lebih ke penetaan ekonomi. Dan yang paling membanggakan adalah pencetakan uang sendiri oleh umat islam.
           
Pandangan islam terhadap harta dan kegiatan ekonomi.
            Harta mutlak milik Allah sedangkan manusia memiliki harta secara relative dan harta digunakan hanya untuk Allah SWT. Manusia harta yang dimiliki bersifat relatif yaitu: Harta adalah amanah Allah, harta tak dapat diciptakan manusia, manusia hanya mengelola, harta sebagai sebuah kesenangan manusia dan dengan harta manusia di uji.
            Berkaitan dengan cara mendapatkan harta Allah telah memberi batasan berupa: menimbulkan madharat, melupakan Allah, tidak sholat dan zakat dan pemusatan harta hanya pada sebagian orang saja. Maka Allah memberikan tips agar manusia tak melanggar larangan Allah: memakan riba, mencuri, menipu pembeli, merugikan orang lain dan suap menyuap.
            Bank dalam islam memang tidak implisit dijelaskan akan tetapi pengaplikasianya telah terjadi sejak masa Rasulullah seperti: Masyarakat saat hijrah kemadinah menitipkan uang ke Rasulullah dan menyuruh Ali Ra untuk mengembalikanya. Kemudian Zubair bin Al Awam yang suka dengan titipan yang dapat dimanfaatkan. Tapi teteb mengembalikanya dengan utuh. Cek digunakan di negeri Syam dan Yaman karena luasnya perdagangan. Cek juga digunakan Umar untuk tunjangan masyarakat sehingga dapat mengambil gandum di Baitul Maal. Dan juga kerja sama antara umat muslim berupa: Mudharabah, muzaroah, Musyaroah dan lain sebagainya.
            Pada masa Abbasiyah bank telah maju apalagi pada masa setelah uang beredar. Penggunaan cek juga semakin meluas. Bank masa itu menggunakan sistem bagi hasil bukan sistem bunga.

           











Lembaga Hisbah. Ke 6
            Hisbah adalah lembaga yang unik dalam islam. Rasul adalah orang yang pertama kali meletaknya. Rasulullah SAW adalah mustahib pertama. Sedangkan ada kisah bahwa Rasul pernah memasukan tanganya ke dalam makanan di pasar. Disitu beliau mendapati basah kemudian ia menegurnya. Dan mengeluarkan hadist barang siapa yang menipu maka bukan golongan kami. Rasul juga memberi penejelasn bahwasanya pedagang adalah orang yang curang. Nabi juga tidak mau menurunkan harga kala harga dipasar melambung tinggi.
            Menurut terminologi hisbah berarti menghitung atau computing. John L posito memberikan pendapat bahwa yang dimaksut hisbah adalah pahala, penghitungan, hadiah pahala dan lainya. Dia mengemukakan juga bahwa Hisbah teksnisnya adalah sesuatu yang mencegah keburukan untuk menuju kebaikan.
            Orang islam disuruh untuk menebar kebaikan (3:110). Maka pemerintah berkewajiban untuk melembagakan untuk mengemplementasikan aturan Al Qur’an ini. (An Nisa: 3: 104). Maka dari itu fungsi hisbah adalah mengatur dan menjaga hukum publik dan mengatur penjual dan pembeli di pasar. Nabi adalah Mustahib pertama (orang yang menyuruh berbuat kebaikan dan meninggalkan keburukan). Nabilah yang menjaga institusi ini tapi kemudian Nabi menyuruh orang lain untuk menjaganya seperti Umar bin Khatab di Madinah dan Said Al Ash di makkah.
Poin penting hisbah ada tiga yaitu: Hisbah adalah lembaga Khusus bentukan pemerintah. 2. Tugas utamanya adalah mencegah amar ma’ruf nahi munkar. 3.tugas hisbah lebih rinci lagi adalah berkaitan menjaga kestabilan pasar.
Fungsi Hisbah secara detail adalah:
a.       Pengawasan terhadapa barang dan jasa di pasar.
b.      Pengawasan terhadap Industri
c.       Pengawasan atas jasa
d.      Pengawasan terhadapa perdagangan.
e.       Planning, pengawasan kota dan Pasar.
f.       Pengawasan terhadap keseluruhan pasar.
Ibnu Taimiyah berpendapat bahwa lembaga Hisbah adalah bukan hanya penunjang ekonomi tapi juga sesuatu yang berperan terhadap sosial dan sisi religius. Maka dari itu Mustahib harus memerintahkan pegawai dalam wewenangnya untuk sholat jumat dan sholat wajib lainya, menebar kebaikan dan mencegah keburukan serta dilarang menipu, berdusta, mengurangi timbangan dan penipuan terhadap industri, negara, agama dan sebagainya.
Fungsi Mustahib meliputi hak Allah dan Manusia. Seperti beribadah pada Allah dan berbuat baik pada manusia. Tujuan Al Hisbah  berdiri adalah sebagai koontrol terhadap kegiatan perorangan khususnya dalam moral, agama dan ekonomi adalah termasuk publik islam atau kehidupan kolektif.


Rumah tangga pemerintah ke 7
Kewajiban pemerintah: keamanan dan pemeliaharaanya, menegakkan keadilan dan menyediakan barang umum. Barang publik adalah sarana yang harus diberikan pemerintah untuk memberikan pelayanan terhadapa masyarakat. Seperti: Infrastruktur, jalan raya dan lain sebagainya.
Pengadaan barang publik bukan hanya pemerintah tapi swata juga bisa. Sifat barang publik yaitu: Bukan milik pribadi (ekslusif) dan tidak ada persaingan dalam penggunnanya. Barang bukan ekslusif tapi penggunanya akan turun kepuasanya: Seperti jalan yang macet. Tapi ada juga yang tidak eksklusif tapi mampu memuaskan penggunaya seperti: Internet dan telekomunikasi.
Memang kewajiban pemerintah untuk memberikan pelayanan publik akan tetapi pemerintah juga tidak mampu apabila semuanya karena pemenuhan dana. Maka dari itu pemerintah bisa bergabung dengan swasta untuk melengkapinya terutama penggunan dan persaingan yang tinggi. Seperti internet, jalan raya, mall dll. Tapi kalau pengguna dan rivalrynya umumnya disediakan pemerintah.
Fungsi pemerintah dalam perekonomian
Fungsi alokasi: adalah penentuan sumber daya dan dana. Pemerintah terbatas pada itu.Penetuan barang publik untuk masyarakat seberapa besarkah semuanya itu.
Fungsi Distribusi: pemerintah harus melakukan kebijakan terkait distribusi karena ada yang lemah dan kuat. Pemerintah juga melakukan kebijakan distribusi seperti: 1. Perpajakan 2.Subsidi 3.Pengentasan kemiskinan. 4. Wajib belajar. 5.bantuan kesehatan 6. Bantuan bencana dan lainya.
            Fungsi stabilisasi: pemerintah saat ini memberikan roda perekonomian pada swasta dan bank yang mana sehingga pemerintah hanya mengawasi dan sebagai stabilisator. Seperti menstabilkan:
1.      Inflasi.
2.      Keamanan terjaga.
3.      Kepastian hukum.











Pajak dalam Islam ke 9
Banyak orang yang ingin menyamakan pajak dengan zakat, agar ketika mbayar pajak sudah membayar zakat. Akan tetapi sebagian orang menolak pendapat tersebut.
            Persamaan pajak dengan zakat:
1.      Wajib bagi penduduk suatu negeri dan ada sanksi bila ditinggalkan
2.      Zakat dan pajak distorkan kelembaga tertentu agar penyaluran dan pengumpulan tercapai dan hal ini pemerintah yang mengelolanya.
3.      Di dunia tak ada imbalan apapun
4.      Tujuanya sama dari satu sisi yaitu mengentaskan kemiskinan dan kesejahteraan.
Perbedaan pajak dengan zakat:
1.      Dari segi arti dan nama zakat itu bersih, berkembang sedangkan pajak adalah utang atau upeti
2.      Dari segi sumber hukum: zakat berasal dari AL Quran sedangkan Pajak dari undang –undang.
3.      Dari ketentuan dan nishabnya: Zakat dari Allah bersifat Mutlak sedang pajak dari pemerintah dan bersifat relatif
4.      Zakat bersifat wajib, tetap dan terus menerus sedangkan pajak sesuai kebutuhan dan dapa dihapuskan.
5.      Zakat untuk muslim pajak untuk negara
6.      Zakat diberikan ke 8 asnaf sedang pajak ke pembangunan dan dana rutin.
7.      Zakat dikenakan pada zakat produktif sedang pajak semua jenis harta.
8.      Zakat disyariatkan sedang pajak tidak.
9.      Zakat imbalanya pahala/surga sedang pajak tersedianya fasilitas publik.
10.  Sanksi tidak menunaikan zakat dari Allah Swt dan negara islam sedang pajak dari negara
11.  Motivasi dari keduanya adalah: zakat adalah bentuk ketakwaan dan keimanan sedang pajak adalah bentuk kepatuahn terhadap pemerintah dan takut akan sanksinya.

Zakat dan pajak dalam Undang – undang.
v  UU No. 38 Tahun 1999 Tentang Pengelolaan Zakat (pasal 14 ayat (3)),
v  UU No. 17 Tahun 2000 Tentang Pajak Penghasilan (Pasal 9 ayat (1) poin g),
Pajak di Indonesia mempunyai tiga system:
1.      Self Assesment System 2. With Holding System 3. Stelsel Campuran.
Pajak ada rumusnya yaitu: Wajib Pajak=  Subjek pajak + objek Pajak.
Subjek pajak: Orang pribadi, Badan hukum, warisan yang belum terbagi dan BUT
            Pengahsilan pribadi seperti apa saja?
1.      Bekerja
2.      Bekerja apa saja
3.      Usaha
4.      Modal
5.      Dan Hadiah
Pajak harus punya NPWP, zakat diberikan kepada BAZ/LAZ, zakat kepada 8 golongan (mustahik tidak wp ) Zakat bisa mengurangi pajak.
Pendapatan Nasional 10
Pendapatan nasional adalah sebuah perhitungan yang digunakan untuk mengukur aktivitas ekonomi yang terjadi di suatu perekonomian.
a.       Sirkulasi pendapatan adalah sebuah siklus yang menggambarkan interaksi pelaku ekonomi mengahsilakn pendapatan ekonomi yang mengeluarkan nila utility.
b.      Metode penghitungan pendapatan nasional
Menurut PDB adalah outuput yang dihasilkan oelh suatu perekonomian dengan menambah dengan beberapa sector. Yang dimaksut tambah selisih nilai output dan nilai input. Metode pendapatan perekonomian total balas jasa atas produksi kedua hal itu dapat digambarkan dengan:
Q = f(L, K, U, E)
            dimana            : Q = output    L = tenaga kerja
                                      K  = modal    U = uang
                                      E  = kemampuan entrepreneur
Dengan pendapatan nasional dengan balas jasa seluruh factor produksi.
PN = w + i + r + π
            dimana :          w = upah         /gaji
                                                I   = pendapatan bunga
                                                r  =  pendapatan sewa
                                                Ï€ = keuntungan
Beberapa metode pengeluaran ekonomi :
1.      konsumsi rumah tangga.
2.      Konsumsi pemerintah.
3.      Pengeluaran Investasi.
4.      Ekspor Netto.
Distribusi Pendapatan Nasional ke 13
Pengeluaran dan pendapatan snagatlah pentingnkarena efisiensi sumber daya alam untuk menjadi barang dan jasa. Dengan begitu maka akan dapat menjadikan makmur sebuah negara dalam menghadapi masalah strukturan ekonomi.
NI:  Keseluaruhan harga barang dan jasa dalam dalam periode tertentu dalam sebuah negara dan dinyatakan dengan satuan nila uang. GNP adalah nilai barang dan jasa yang diproduksi dalam negeri kemudian menjadi nilai satuan yaitu berupa uang. GDP adalah seluruh jumlah masyarakat yang bersangkutan ditambah masyarakat dalam negeri yang bekerja dinegara bersngkutan.


Pelaku dalam  aktivitas ekonomi:
1.      Sektor Rumah Tangga
2.      Sektor Perusahaan
3.      Sektor Pemerintah
4.      Sektor Luar Negeri


Pasar dalam  aktivitas ekonomi :
1.      Pasar Barang
2.      Pasar Uang
3.      Pasar Tenaga Kerja
4.      Pasar Luar Negeri




Metode produksi adalah nilai tambah yang dilakukan ketika produksi
Nilai produksi akhir dan nilai produksi bahan mentah = nilai produksi di tambah dengan nilai masing – masing.
Tertutup artinya tidak membuka ekonomi dengan negara lain dan sederhana artinya terbagi menjadi dua sector: sector perusahaan dan sector rumah tangga.
Rumah tangga,= konsumen: konsumsi adalah kegiatan yang mengurangi manfaat barang atau jasa.
Sector perusahaan adalah sector yang memproduksi dan sector ini disebut sebagai pengeluaran investasi dan termasuk investasi adalah pendirian bangunan baru, penambahan gedung baru jadi dalam hal ini untuk pengerluaran nasional adalah untuk produksi atau untuk investasi.
  1. Besarnya pendapatan nasional dipengaruhi oleh: Sumber daya produksi
  2. Penggunaan tehnologi
  3. Permodalan
  4. Stabilitas nasional
  5. Kebijakan pemerintah (fiscal policy & monetary policy)
Tinggi rendahnya pendapatan dipengaruhi oleh seberapa pendapatan nasioanl.


Faktor intern
  1. Komposisi rumah tangga
  2. MPC (marginal propensity to consume)
  3. Selera (taste)
  4. Kebiasaan keluarga
  5. Besarnya pendapatan

Faktor ekstern
  1. Lingkungan tempat tinggal
  2. Kebijakan pemerintah
  3. Harga-harga barang
  4. Budaya masyarakat
  5. Kemajuan IPTEK
  6. Pajak



Asumsi adalah tinggi rendahnya tabungan di tentukan oelh tinggi rendahnya pendapatan nasional.


Tabungan
  1. Pendapatan yang diterima
  2. MPS (marginal propensity to saving)
  3. Tingkat suku bunga


Faktor ekstern
  1. Tingkat suku bunga
  2. Permintaan efektif (yg didukung daya beli)
  3. MEC (marginal efficiency of capital) kemampuan modal untuk menghasilakan.



Perekonomian pasar Uang. Ke 11
            Ada uang kartal dan giral keduanya akan bernilai sesuai dengan tingkat penawaran dan permintaan yang disebut dengan bunga. Uang kartal adalah uang yang berbentuk kertas dan logam yang dikeluarkan pemerintah sedang  uang giral adalah uang yang berbentuk deposito bisa diuangkan stiap waktu dan biasanya berbentuk cek. Dan hal ini di dukung dengan teori klasik yang berisi untuk tukar menukar seperti jual beli barang dan jasa.
            Pasar luar negeri
1.      Barang – barang ekspor yang ditawarkan akan bertemu dengan permintaan yang berada di luar negeri maka barang – barang tersebut akan disediakan oelh eksportir.
2.      Pertemuan penawara barang – barang ekspor dengan permintaan maka akan mempengaruhi harga
 
Pandangan klasik tentang perdagangan di luar negeri.
Dunia secara otomatis dapat mengoreksi ketidak seimbangan. Maksutnya adalah pemerintah tidak perlu menyeimbangkan neraca karena andai pemerintah mau menggunakan system standar emas. Standar kertas dan kurs devisa fleksibel.
Indonesia dalam analisis IS LM
Pembangunan Ekonomi           Kapasitas produksi          investasi netto         menggeser kurva ke kanan IS.          Pengeluaran pemerintah.
Kebijakan pemerintah, suku bunga murah sehingga mendorong untuk orang berinvestasi mengahasilkan pertumbuhan ekonomi dan pengangguran turun.
Bentuk Kurva LM standar:
  1. Dearah klasik
  2. Daerah tengah
  3. Daerah Jerat Likuiditas
                        Pasar barang ke 12
Seluruh permintaan masyarakat akan barang – barang dan jasa – jasa dan barang yang diproduksi dan ditawarkan kepada masyarakat dalam suatu periode.
Dalam pasar tidak akan terjadi kekuarang dan kelebihan barang produksi dan ini juga dilandasi dengan pendapat klasik. “Berlaku hukum say Law”. Dan harga dari barang dan jasa adalah fleksibel.
Pasar tenaga kerja dalam pasar tenaga kerja terdapat dalam hal itu bertemu dengan jumlah tenaga kerja pariwisata dan tenaga kerja swasta
Gambar pasar tenaga kerja
 
Pandangan klasik tentang TK
Jadi dalam hal tenaga kerja sangat berbeda dengan yang terjadi dilapangan maka penwaran tenaga kerja sama dengan penwaran di lapangan. Jumlah posisi keseimbangan, maka kurva d1 akan menuju ke kurva2. Full employment dan kembali pada tingkat upah riyel.



Keseimbangan pasar uang dan pasar barang. Ke 15
Kurva ISLM
Kurva Is adalah kombinasi barang dan jasa yang berkombinasi dengan tangka bunga dan tingkat keseimbangan pasar yang konsisten untuk barang dan jasa.
Semakin tiggi pendapatan maka semakin tinggi terhadapa keuangan riil dan semakin tinggi tingkat bunga dan keseimbangan. Pada bank Syariah system bunga atau riba tidak di berlakukan sehingga tidak sama dengan bank konvensional. Spekulasi tidak ada dalam islam yang ada hanyalah jaga – jaga. Sehingga permintaan uang dan  pendapatan dan frekuensi pengeluaran.
            Keseimbangan berarti tidak berat sebelah jadi untuk menjadikan diri, maka keseimbangan pasar barang dan pasar uang bertemu (perpotongan) antara kurva IS (pasar barang) kurva LAM atau pasar uang dalam perspektif hukum islam. Atau yang biasa disebut dengan istilah Ekuilibrium.
            Perbedaan antara pasar uang dan pasar barang Syariah dan konvenensional adalah:
1.      Terdapat pada suku bunga dan bagi hasil
2.      Dalam islam semakin tinggi tingkat Profit sharing maka semakin tinggi tingkat invesasinya.
3.      Sebaliknya jika tingkat profit sharignya rendah maka rendah pula tingkat investasinya.
4.      Konvensional semakin tinggi suku bunganya maka rendah investasinya.
5.      Sebaliknya jika suku bunga rendah maka tingkat investasi tinggi.
Islam mengganti suku bunga dengan bagi hasil jadi insentif maka insentif terbesar dalam islam adalah dengan bagi hasil. Besaran bagi hasil yang memikat adalah besaran bagi hasil yang di share oleh investor kepada pengelola.
Masalah pokok pembangunan ke 14
A.    Pertumbuhan ekonomi :
1.       Akumulasi modal yang meliputi semua hal mulai dari alat, alam dan lainya.
2.      Pertumbuhan penduduk memperbanyak angkatan kerja
3.      Kemajuan teknologi
1.      Akumulasi modal akan didapatkan apabila bekerja dan tabung kemudian membesarkan output. Pengadaan pabrik baru, pabrik, mesin dan alat – alat baru dalam rangka meningkatkan stock modal. Investasi produktif harus dilengkapi dengan bebagai penunjang disebut invesatsi infrastruktur.
2.      Pertumbuhan penduduk dan lapangan kerja
a.       Pertumbuhan penduduk secara tradisional dianggab suatu kebaikan karena bertambah angkatan kerja.
b.      Tenaga kerja yang bertambah akan menambah tenaga kerja produktif
c.       Kemampuan itu ditunjang dengan akumulasi modal input atau factor penunjang seperti kecapan manajerial dan administrasi.
d.      Baik buruknya angkatan tenaga kerja tergantung dari sisitem ekonomi untuk menyerap tenaga kerja secara produktif.
3.      Kemajuan teknologi
a.       Teknologi yang bersifat netral
b.      Teknologi dengan hemat kerja
c.       Teknologi yg menghematkan modal
d.      Teknologi yang meningkatkan pekerjaan
e.       Teknologi yang meninggikan atau menaikan modal.
4.      Pertumbuhan ekonomi karakteristik dan perdebatan
Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan kapasitas dalam jangka panjang kepada negara bersangkutan untuk memberikan atau menyediakan fasilitas kepada penduduknya.
5.      Ciri proses pertumbuhan ekonomi
a.       Pendapatan perorang tinggi dan pertumbuhan penduduk yang tinggi
b.      Produktifitas tinggi
c.       Transformasi ekonomi yang tinggi
d.      Transformasi social dan ekonomi yang tinggi
e.       Negara yang maju menambah usahanya di beberapa negara lain
f.       Terbatasnya pertumbuhan ekonomi yang hanya mencapai 1/3 dunia
6.      Kekayaan SDA dan SDM
a.       Negara – negara maju kebanyakan tidak punya SDA sedangkan negara berkembang telah dirampok SDA nya.
b.      Di Amerika dan Afrika SDA mereka lumayan akan tetapi tak pandai kelola. Seharusnya mereka harus mau berkorban menyerahkan alam mereka untuk di kelola.
c.       Untuk mengelola dibutuhkan manajerial dan kemampuan SDM mereka

            Dampak kenaikan SDM dan SD Fisik terhadap PPF
Adanya kenaikan kuantitas SDM dan fisik hingga dua kali lipat adalah karena adanya investasi tanah modal dan tenaga kerja baik yang dimaksut tanah, modal dan tenaga kerja. Hal itu nantinya akan menunjukan pendapatan lebih banyak radio dan beras.










[1] Teori dari Ppt bapak Raden
[2] Ibid.

Comments

Popular Posts