Jahatnya kita ke Orang tua.



Jahatnya kita ke Orang tua.
waktu kecilku dulu aku sering dimarahi dan dibatasi dalam banyak hal oelh orang tua (ortu). waktu itu aku mulai marah dan benci ke ortu, aku sangat benci ke orang tua karena orang tua tidak pernah mau mengerti perasaan dan keinginanku dulu. Aku selalu marah dalam hati kenapa orang tuaku bodoh dan miskin. Kenapa orang tuaku tidak berpendidikan sehingga beliau tahu bahwa keinginanku adalah baik dan sesuai.
Rasa benci ini aku pendam selama aku duduk di bangku MA. waktu itu banyak sekali keinginaku yang sulit untuk aku wujudkan. ortu juga sering marah - marah karena tidak mau membantu atau hanya sekedar bersih - bersih rumah. Ortu ku juga sering menyalahkanku karena aku selalu kurang paham dengan perintah ortuku seketika itu ortuku selalu marah dan menganggabku bodoh. dalam Hal ini aku mengalami Syndrom.
"JIka seorang anak sering dimarahi maka akan ada dendam dalam hatinya ke Orang tua. Sama juga kalau sering dibandingkan dan tidak pernah dihargai. seolah - oleh anak orang lainlah yang baik itu salah".
karena terbiasa dimarahi akhirnya aku membuat hati untuk tidak banyak menanggapi dengan jalan itu agar aku tidak mudah sakit hati.
Tapi semua itu berubah ketika aku kuliah. aku merasa orang tuaku sebenarnya sangat sayang kepadaku semua yang dilakukanya adalah kebaikan untuku. akhir - akhir inipun aku jaran dimarahi kebanyakan dinasehati. orang tuaku jarang menentang keputusan yang aku buat.
Biaya kuliah mahal baik untuk hidup maupun hal lainya. aku mulai sadar ketika aku membantu orang tuaku betapa kerasnya pekerjaan ortuku. sehingga kdang aku ingin menangis karena sampai sekarang aku belum bisa banggain kedua ortuku dengan apapun. aku muali berusah keras untuk belajar. aku mulai belajar untuk memahami hidup ini. aku mulai mersakan ortuku tak selamanya bersamaku dari situ aku mulai bisa mengambil kesimpulan.
"sewaktu kecil kita itu bodoh dan belum tau apa - apa sehingga kita sering dimarahi agar kita jera. itupun untuk kebaikan kita."
KIta tidak bisa menyalahkan kedua orang tua kita karena mereka miskin, kita juga tidak boleh menyalahkan kedua orang tua kita karena bodoh dan tidak berpendidikan. yang bisa kita salahkan adalah diri kita karena tidak mau mensyukuri nikmat yang ada. nikamat yang telah diberikan oleh Allah SWT. andai kita bersyukur kita pasti akan merasa tenang dan damai.
Ketika orang tua kita marah, menentang kita, kita bisa memahami karena ortu kurang dalam pendidikan, kurang tau dunia sekarang. maka dari itu maafkanlah kedua ortu kita dikala kecil mungkin secara langsung maupun tidak langsung telah menyakiti kita. kita juga harus minta maaf kepada kedua orang tua kita karena mungkin sebenarnya kitalah yang telah banyak membuat salah kepada kedua orang tua kita. terimakasih telah membaca tulisan saya. LIke dan coment juga bagikan. haha

Comments

Popular Posts