Gagal adalah proses kehidupan

Sedih ya gagal, kemarin gagal, hari ini ada yang gagal, mungkin sampai besok kita hidup kita akan gagal (menderita) karena harapan tak sesuai dengan kenyataan. 
Aku sendiri usaha dari 5 cabang sekarang yang buka hanya 1 aja. Aku berencana menikah umur 25 sampai sekarang berjalan 27 kapan nanti nikah masih belum juga terpikirkan. Rencana ingin naik haji diusia 27 ini ibadah haji sudah selesai diusia 27 daftar aja belum dan masih banyak kegagalan lainya. 
Awalnya sedih terpuruk dan tak tau harus bagaimana, sampai pada akhirnya aku sadar. Kegagalan adalah keniscayaan hidup (dalam kata lain kegagalan adalah sebuah hal yang akan mengiringi hidup kita begitu juga dengan sukses). Sudah sejak lama aku mencari apa arti makna hidup yang sesungguhnya, lambat laun dengan berjalannya usia dan wawasan kini aku pun mulai memahami arti kehidupan. Awalnya berat sekali menerima kegagalan karena dulu aku berpegang tak boleh ada kegagalan dalam kamus hidupku. 
Kesadaranku soal gagal dimulai dari aku mulai berusaha. Awalnya optimis akan berjalan dengan lancar tapi faktanya ditahun pertama sepi bahkan tidak ada penghasilan dari situ. Aku mulai cari sampingan dengan bekerja kepada orang lain, kantoran dan bekerja lainya. Suatu saat ketika kerja sudah mulai nyaman, usaha yang aku rintis pun mulai berjalan dengan lancar. Aku pun resign karena tekanan dari teman bisnis. Ketika aku resign usahaku lambat laun mulai menurun. Dan bahkan minus. Sampai mau beli sesuatu seperti motor aja harus berutang. 
Awalnya Waktuaku stress merasa gagal seperti ini dan muncul penyesalan-penyesalan dalam pikiran pun akhirnya berandai-andai. Andai waktu itu aku kerja kantor aja, jadi PNS aja dll. Sampai suatu saat aku dengar kajian filsafat Dr Fahrudin Faiz soal penderitaan hidup. Ternyata kita semua menderita baik itu raja, rakyat kecil, presiden sampai sekelas nabi pun juga mengalami penderitaan hidup bahkan lebih menderita daripada orang-orang biasa. 
Waktu itu aku sering ber kontemplasi soal kegagalan yang tiada akhir ini. Aku juga baca Novel Nabi Muhammad tentang kisah hidup beliau yang luar biasa. Aku mulai sadar bahkan sekelas nabi Muhammad yang di Bimbing Allah melalui perantata malaikat Jibril lun tidak terhindar dari cobaan atau penderitaan hidup. Kegagalan demi kegagalan pun beliau sudah lalui. 
Di 13 tahun nabi berdakwah di Mekkah tidak banyak yang menerima dakwahnya bahkan beliau diancam akan dibunuh. Seluruh hartanya juga digunakan untuk berdakwah. Lamanya juga membencinya walau begitu pamanya Abu Tolib melindunginya tapi sampai akhir hayatnya Abu Thalib tidak masuk Islam. Sampai pada akhirnya nabi Muhammad Hijrah di Mekkah baru nabi Muhammad mulai menanjaki kesuksesanya dalam perjuangannya. Bisa membangun pemerintahan dan peradaban di Madinah seluruh kaum Muslim melindunginya dan bahkan istrinya juga banyak. 
Intinya kita jangan takut gagal toh selamanya kita juga akan diiringi oleh kegagalan dan kesuksesan. Ada saatnya gagal dan ada saatnya sukses semua itu adalah bunga kehidupan. Seperti lagunya Rhoma Irama Roda kehidupan silahkan bisa di dengarkan. Jangan takut gagal karena kegagalan ada proses menuju kesuksesan. Jangan takut gagal karena kita tidak berbuat apapun itu juga termasuk gagal. Show nikmatilah kegagalan hidupmu ini. 


Comments

Popular Posts