Penderitaan Hidup

Waktu kecil dulu, rasanya seneng aja, gak ada rasa sedih pedih bahkan merasakan penderitaan. Baru setelah dewasa, rasanya sedih pedih dan menderita banget. Semakin dewasa justru tak merasakan hidup semakin mudah tapi malah jadi sering gelisah. 
Semakin dewasa rasanya tekanan ada di mana-mana. Dari keluarga, teman bisnis bahkan sekarang lebih dekat lagi seperti di sosial media. 
Rasanya bingung banget kenapa kehidupan bisa sepahit ini, bukankah harusnya kita hidup dengan indah dan bahagia. Tapi baru sadar ternyata hidup ini adalah ujian (islam), penderitaan (Budha) dan berbagai perspektif lainya. 
Pas kuliah pengen usaha, ada usaha yg menggiurkan, yaitu jualan pulsa. Harganya murah bgt waktu itu. Beli 5 rb harga rp 5 rb. Pulsa 10 rb harga 9500. Dll. Ternyata baru digunakan 150 rb ternyata sudah ndak bisa lagi. Kata adminya dari pusat uangnya dibawa kabur tanpa bekas. Setelah itu usaha es nyokap kreasi. Udah usaha ini itu agar bisa rame tapi tetap saja sepi dan akhirnya tutup. Karena es nyoklat musiman kyak es kepal Milo dan waktu itu jualnya pas waktu hujan. Dan berbagai usaha lainya yg masih panjang jika dibahas. 
        Intinya hidup sudah enak ada masalah lagi, sudah nyaman susah lagi. Begitu terus. 
Ternyata banyak orang atau tokoh yg juga yg menderita. Nabi Muhammad contohnya: dari kecil udah yatim, ketika remaja harus dagang dan mengembala kambing. Ketika dewasa kemudian diangkat jadi nabi tambah lagi penderitanya. Apalagi kalau kita lihat naruto, dan beberapa tokoh lainya semuanya pernah merasakan penderitaan yang berat. 
      Serial doremon, nobita yang kita anggap beruntung punya robot dari masa depan pun ketika kita lihat, diakhir episode nobita malah selalu sial. Alih-alih alat-alat yang digunakan membantu malah berujung sial. 
       Hidup ini memang berputar senang sedih menderita bahagia. Usaha sepi kemudian ramai lalu sepi lagi. Aku juga heran ternyata semua hal itu ada fasenya. Itu disebut juga dengan fase kehidupan yang harus dilalui. 
    Alih-alih bersedih mending kita terus berfikir positif, agar selalu diberikan kemudahan dan kebaikan selama hidup di dunia ini. 

Comments

Popular Posts