hukum-hukum alam yang wajib kamu ketahui

Hukum karma

Hukum karma adalah hukum yang dipercaya dan tida dipercaya oleh orang. Hukum karma bukanlah ganjaran atau hukuman yang dipikirkan oleh banyak orang melainkan hukum sebab akibat. Jadi sesuatu yang ki lakukan pada masa lalu akan berpengaruh pada masa depan. Ntah apapun yang kita lakukan akan mempunyai relasi sebab akibat. Karma juga merupakan hal yang segala sesuatu tidak otomatis tapi ada penyebabnya. Nah inilah beberapa hal yang perlu kita ingat dalam hidup kita.

1.      Hukum memamanen

Apa yang kita tanam itulah yang akan kita panen, sama halnya seorang petani yang mengharapkan penen seteelah menanam. Jadi seseorang petani yang menanam padi maka akan keluar padi juga, tidak mungkin panen rambutn.  Apapun yang kita perlakukan dari orang lain maka hal itu pula yang kita dapatkan dari orang lain. Ketika kita memperlaukan orang lain dengan benar maka kitapun akan mendapatkan perlauan dari orang lain secara benar juga. Mungkin perlu waktu seperti petani yang menanam untuk masa panen. Kebaikan juga seperti itu yang kita lakukan pada orang lain pada hari ini akan kita panen pada masa yang akan datang. Jadi bersikaplah baik dan sopan terhadap orang lain karena perlakuan kita kepada orang lain akan kembali pada diri kita.

2.      Hukum air mengalir

Air mengalir dari tempat yang tinggi menuju ketempat yang rendah. Maksutnya adalah kita tidak bisa bersikukuh bahwa kita adalah orang yang paling hebat, paling besar, paling tinggi, paling cerdas dan lain sebagainya. Jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang lebih maka kita harus memiliki kerendahan hati.  Kita harus mengakui kondisi kita apa adanya. Jika kita butuh bantuan maka akuilah kita butuh bantuan, sehingga orang lain bersedia membantu. Jika kita miskin akuilah bahwa kita miskin jangan berlagak sok kaya atau sombong dengan cara berhutang. Jika kita tidak tahu apa-apa atau bodoh maka akuilah bahwa kita memang bodoh jangan berlagak tau apa-apa atau sok pintar. Terkadang solusi datang ketika kita benar-benar tidak mampu memecahkan solusi. Sering doa-doa terkabul ketika mulai merendah di hadapan tuhan. Jadi terimalah kita apa adanya dengan kekurangan kita. Jangan jadi orang sok bisa, sok tinggi dll karena air tidak pernah megalir ketempat yang tinggi.

3.      Hukum kesesuaian

Jika kita berubah maka lingkungan kita juga berubah. Hukum kesesuain menjelaskan bahwa segala sesuatu yang berada disekitar kita bagaikan cermin diri kita sendiri.  Jika kita ingin mendapatkan sesuatu kebaikan maka yang harus kita rubah adalah diri kita sendiri. Ubahlah diri kita untuk menjadi lebih baik maka lingkungan disekitar kita akan mengikuti menjadi lebih baik juga. Jika kita ingin mendapatkan teman yang baik atau pasangan yang setia maka kita harus memperbaiki diri menjadi lebih baik dan menjadi pribadi yang setia dan percaya atau tida kita akan ditemukan dengan orang yang seleve dengan diri kita. Jika kita kerdil dan sibuk dengan hal yang tidak penting maka kita akan dipertemukan oleh orang yang seperti itu juga. Begitu juga dengan rejeki. Percaya atau tidak rejeki itu selalu mengikuti kapasitas pikiran kita. Jika kita berfikiran besar maka kita juga akan ditemukan dengan rejeki yang besar juga. Orang yang kecil dan berfikiran kecil maka dia akan dipertemukan dengan rejeki yang kecil juga. Percaya atau tidak jika kita selalu mau belajar maka rejeki kita juga akan bertumbuh dan berkembang  maka rejeki kita akan sesuai dengan tambahan ilmu yang kita pelajari dan yang ita dapatkan. Maka jika kita ingin menuntut sesuatu maka pantaskan diri kita terlebih dahulu.

4.      Hukum remidial

Ketika kita hidup ujian pasti datang bis bberupa kesedihan meupun kesenangan dalam hidup. Ujian bisa berupaperang, perang melawan hawa nafsu kita: melawan malas, melawan rasa marah danperlawanan lainya. Hidup itu adlaah ujian yang harus kita lalui. Jika kita bisa lulus dalam ujian tersebut maka kita akan naik kelas atau naik level dan jika kita gagal maka ujian itu akan datang lagi istahnya remidial atau mengulang ujian yang sama. Jika kita tidak pernah lulus maka kita tidak akan pernah naik kelas. Terkadang kita berfikir ujian atau masalah selalu datang dan tak pernah selesai. Hidup seperti seekor hamster yang berlari dalam sebuah roda berputar, tidak bergerak tapi terasa capek, hidup monoton, stagnan dan kita harus berfikir tentang ujian apa yang belum selesai. Mungkin kita belum lulus ujian kesabaran, mungkin kita belum lulus ujian menerima orang lain atau ujian yan lain. Setiap masalah adalah sebuah pembelajaran baru, ketika kita dapat mengambil hikmah dari setiap masalah maka kita akan lulus ujian dan kita akan naik level.

5.      Hukum keterubungan

Hidup kemarin, hidup hari ini dan hidup hari esok adalah bingkai waktu yang selalu memiliki keterikatan. Kita tidak bisa melihat kesuksesan Jackma misalnya hanya dengan hari ini. Jika kita ingin melihat jack Ma secara keseluruhan maka kita harus melihat jackma 5 tahun lalu atau 10 tahun lalu. Bagaimana ia berjuang membangun bisnisnya dan lain sebagainya. Kita juga harus melihat pandangan jack ma tentang masa depan. Kita harus melihat 3 bingkai waktu tersebut. Lihat kondisi kita hari ini, apakah hari ini, apakah  kita hari ini sudah seerti yang kita impikan dan ingatlah masa lalu, peristiwa waktu kita sedih, tidak punya uang dan lain sebagainya. Dengan modal itu kita membuat rencana dan impian pada masa depan. Masa lalu kita bisa jadikan semangat, bagaimana teman-teman kita membully kita dan membuktikan bahwa kita bisa.

Itulah 5 hal hukum karma yang perlu kita ketahui dan pelajari. Kita akan memanen apa-apa yang kita tanam. Kebaikan akan berbuah kebaikan, cinta akan berbuah cinta, kebencian  akan berbalsa kebencian. Kita harus lulus dalam sebuah masalah karena itu adalah cara untuk mengupgrade level kita.

Comments

Popular Posts