Cara Jitu membangun kebiasaan Hidup Bagus The Power Of Habbit


Cara Jitu membangun kebiasaan Hidup Bagus
The Power Of Habbit
Merubah kebiasaan itu sangatlah penting itu karena ada pepatah yang mengatakan jika kamu bisa merubah kebiasaanmu kamu akan merubah kehidupanmu (Change your Habbit change Your life). Coba bayangkan kamu punya kebiasaan baca buku 10 halaman setiap hari, baca Al Quran setiap Hari, olahraga 30 menit itu kebiasaan yang bagus yang kita harus membangunya. Nah bagaimana caranya? Soalnya dalam hidup kita kebiasaan adalah sesuatu yang sangat revulisioner baik dalam keagamaan maupun dalam pekerjaan.
1.      Keystone Habbit.
Cara membangun kebiasaan caranya adalah dengan memilih sesuatu kegiatan yang menurutmu ringan tidak harus banyak tapi sedikit saja. Kenapa koq sedikit dulu? Ketika satu kegiatan kamu kerjakan terus maka akan menjadi habbit dan akan menular ke hal-hal lainya. contohnya begini ketika kamu rajin berolahraga 10 menit setiap hari maka kebiasaan lainya juga akan terbangun, mungkin kebiasaan makan buah, minum air putih 2 liter, baca buku dll. Dan juga berolahraga juga diyakini dapat meningkatkan pengelolaan dalam mengatur keungan anda. Jadi intinya jika kamu ingin membangun sebuah kebiasaan mulailah dengan cara yang menurutmu paling mudah dan paling kamu suka dan kebiasaan itu akan menular kesegala aspek kehidupan anda, bukankah itu amazing?
Contohnya penulis sendiri merasakanya. Some How penulis membangun kebiasaan berolaharga push Up setiap hari. Dan anehnya itu menjadi menular ke hal lainya seperti rajin beribadah, rajin membaca buku, rajin mendengarkan hal-hal positif juga.  
2.       Tiny Habbit
Cara yang sudah terbukti untuk membangun sebuah kebiasaan adalah dengan cara yang kecil-kecil terlebih dahulu. Contohnya: alih-alih kamu berolahraga selama 30 menit perhari, kamu cukup olahraga 3 menit saja dalam setiap hari. Atau kamu ingin baca satu buku setiap haria maka mulailah dulu dengan baca 1 halaman sehari. Jika kamu baru mulai dan langsung menargetkan sesuatunya sangat tinggi, biasanya akan gagal. Maka mulailah dengan cara yang mudah dan ringan banget terlebih dahulu. Kenapa koq begitu? Hal itu karena menurut riset dan setudy-study Will power (Kekuatan keinginan anda itu terbatas) JIka anda memaksakan hal itu maka anda pasti gagal, karena motivasi atau keinginan anda sangat minim atau terbatas.
Beda hal, jika anda memulai sesuatu itu dengan cara yang sedikit sekali. Kenapa karena pasti kamu akan termotivasi dengan kuat, koq bisa? Ia karena ketika kamu melakukan hal kecil koq tidak bisa biasanya akan merasa tolol. “masak Cuma olahraga 3 menit aja gak bisa, Cuma baca buku 1 halaman aja gak bisa. Kalaupun masih susah diturukan jadi olahrga cukup 1 menit atau baca buku Cuma setengah halaman, masa begitu gak bisa? Kan aneh? Itulah kekuatan The Tiny Habbit yaitu lama kelamaan kebiasaan kecil itu akan membesar seperti gumpalan bola salju yang kecil dan ketika di glundungkan lama kelamaan akan menjadi besar.  Yang tadinya 1 menit menjadi 3 menit, 5 menit dan seterusnya. Yang tadinya olahraga cukup 1 halaman bisa jadi 3 halaman 5 halaman dan seterusnya.  Intinya adalah ciptakan sebuah kebiasaan baru yang mudah dan ringan sehingga ketika anda tidak bisa melakukanya anda keliatan aneh. Seperti baca Al Quran cukup 3 ayat saja atau 1 ayat saja sehingga sangat mudah dan anda akan berkembang sedikit demi sedeikit.
3.      Ifthen (trigger) waktu yang ditentukan
Hal ini maksutnya adalah menentukan waktu yang sudah ditentukan atau sudah menjadi keumuman jika melakukanya pada jam itu-itu saja ntah sore atau pagi atau ketika waktumu luang. Contohnya: Baca Quran setiap selesai sholat Maghrib, baca buku sebelum tidur, olahraga sebelum mandi dan lain sebagainya. seperti gosok gigi, dulu gak ada kebiasaan tersebut tapi setelah itu gosok gigi ter trigger atau tertancap ketika mandi. Kalau mandi Ya gosok gigi. Seperti itu intinya.     

Comments

Popular Posts